Sukses

Huruf M Bakal Jadi Kode Terbaru Motor BMW Motorrad?

Liputan6.com, Jakarta - Uni Eropa Intellectual Property Office (EUIPO) menyiarkan bahwa BMW Motorrad berencana mengajukan merek dagang baru. Kabarnya, pabrikan asal Jerman itu bakal mengubah nama beberapa varian on-road maupun off-road.

Kuat dugaan, hak paten itu merujuk pada pemakaian huruf ‘M’ untuk setiap motor premiumnya. Namun masih belum jelas, apakah ini merupakan kolaborasi antara dua sub-divisi di BMW, atau hanya konvensi penamaan baru.

Motorrad saat ini menggunakan abjad 'S' untuk jajaran sepeda motor, terutama pada skala premium. Jika benar, berarti seluruh portofolio motor kelas atasnya digantikan oleh lencana M.

Perubahan ini berarti S 1000 RR bakal menjadi M 1000 RR, S 1000 XR jadi M 1000 XR, dan R 1250 GS kemungkinan M 1250 GS. Namun, hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari BMW Motorrad. Hal itu dimaksudkan agar tidak ada orang lain yang mengajukan hak paten serupa.

Seperti kita ketahui, huruf M yang terdapat pada kendaraan BMW memang identik dengan performa, eksklusivitas dan individualitas. Terkait penamaan M untuk seri premium Motorrad, dirasa masuk akal. Kolaborasi antar-roda dua dan empat dalam payung BMW juga pernah dilakukan.

Akhir tahun lalu, brand ini sudah mengumumkan M-Performance parts dan M-Accessories untuk S 1000 RR. Selain itu, hadir juga versi S 1000 RR M-Package. Itulah yang memicu spekulasi kemungkinan aksara M ditambahkan ke jajaran.

Belum ada indikasi bagaimana model standar M yang hendak diproduksi. Tapi jika kita melihat produk sebelumnya yang ada embel-embel M, sudah menggunakan livery motorsport khas BMW. Identiknya warna merah, putih dan biru serta beberapa pernak-pernik mengenai part performa tertinggi.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjebak pada Kode

Selama bertahun-tahun, BMW Motorrad terjebak pada metode penamaan sepeda motornya. Huruf pertama selalu mengacu pada konfigurasi mesin. 'K' untuk mesin inline empat silinder atau lebih.

‘S’ yang mengutamakan konsep High-Performance Engine. 'G' mesin satu silinder. 'R' model boxer dan 'F' mewakili 2 silinder sejajar seperti F 850.

Abjad terakhir dari produk Motorrad mencirikan segmen motor itu sendiri. 'RR' dari S 1000 RR diartikan sebagai rennsport atau dalam bahasa Jerman yang berarti balapan.

'GS' pada akhir R 1250 GS berarti Gelände/Strasse (off-road/road) atau Gelände Sport, Gelände yang diasumsikan sebagai adventure.

GT atau Gran Turismo (Grand Touring), yang menggabungkan ability Sport-Tourer dan Touring Bike. Secara umum punya kesamaan visual antara seri “RT”, bedanya seri GT didesain lebih eksklusif. Sedang ‘B’ yang bermakna Bagger, atau lebih besar, ada pada produk cruiser K 1600 B.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Tanpa Frame, Ini Bocoran Motor Listrik BMW
Artikel Selanjutnya
BMW R18 Begaya Retro Klasik Hadir di Indonesia Tahun Depan