Sukses

Demo Mahasiswa di Kawasan Istana Kepresidenan

Mau Modifikasi Honda ADV150, Intip Pedomannya

Liputan6.com, Jakarta - Honda ADV150 memberikan nuansa baru di segmen skutik 150 cc. Wajah adventure menjadi daya tarik utama, sekaligus mengundang rasa penasaran bagi pecinta modifikasi.

Bicara soal modifikasi, jelas ada unsur yang ingin ditambahkan. Selain memberikan rasa berbeda, bertujuan untuk menyesuaikan dengan karakter si pemilik. Memodifikasi Honda ADV150 tentu sah saja. Karena sosoknya memang begitu menggoda, untuk dijejali ragam produk aftermarket. Itupun diamini Agus Wicaksono, punggawa Witjax Modizigner.

Seperti modifikator lain, skutik adventure juga jadi barang baru buatnya. Beruntung ia mendapatkan proyek modifikasi dari PT Astra Honda Motor (AHM). Kreasinya ditampilkan seraya peluncuran Honda ADV150 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Kepada kami, dia sempat menceritakan pengalamannya selama mengkreasikan skutik Rp 30 jutaan ini.

"Menurut saya fitur-fiturnya sudah cukup lengkap. Barang-barang bawaannya, sudah menonjol dan cocok untuk pehobi riding maupun harian. Jadi sentuhan modifikasi minimalis saja sudah cukup," kata Wicak ketika kami hubungi beberapa waktu lalu.

Wicak juga menerangkan, sektor mana saja yang bisa diubah. Paling gampang memasangkan cutting sticker pada cover body. Lalu, ubah tampilan pelek dengan memberikan rim decal. "Dengan banyaknya pilihan, pengguna ADV150 bisa menentukan warna dan motif. Sesuai karakternya masing-masing dan biar kelihatan makin eye catching," lanjutnya.

Perlakuan serupa bisa diterapkan pada jok. Menurutnya, bentuknya boleh sesuai keinginan. Tapi faktor yang tak boleh hilang adalah kenyamanan. Begitu juga dengan setang. Di pasaran tersedia cukup banyak model kemudi seperti itu. Jika kurang suka dengan stang asli milik ADV150, Anda bisa memilih tipe dengan cross bar. Memang aura dual purpose-nya lebih terasa, tapi rasanya sudah cukup dengan stang bawaan ADV150 tadi. Lagi pula penggunaan setang dengan taper, fungsinya juga untuk kenyamanan. Bayangkan jika ada palang di stang, visibilitas ke depan pasti terganggu. Pun untuk melihat panel meter di depannya.

Area berikutnya, knalpot. Menurutnya, Honda ADV150 bisa menggunakan knalpot kepunyaan PCX150. "Leher (head) knalpot bisa dipakai, cuma untuk silinder harus diatur ulang posisinya," terang Wicak. Selebihnya tak ada yang mesti diacak-acak, kalau cuma ingin modif minimalis saja. Ban juga begitu. Ditambahkannya, penggantian karet bundar, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan.

 

2 dari 3 halaman

Honda ADV150 Kustom

Misalnya pada modifikasi ADV150 di atas. Dia tampak siap melakoni touring jarak jauh. Beberapa penambahan perangkat juga diberikan. Mulai dari windshield tinggi, crash bar dipadu penerangan tambahan, brake lever cover, smartphone bracket hingga top box. Ada sedikit perubahan pada jok dan sandaran yang dibuat, demi meningkatkan kenyamanan.

Karet bundar alias ban dan suspensi pun, tampak tak terjadi perubahan. Ini lantaran ADV150 sudah punya kaki-kaki mumpuni. Sebutlah ban belang (depan: 14 inci, belakang: 13 inci). Polanya sudah semi dual purpose dan berkompon soft. Jadi tak perlu khawatir meski melibas jalan aspal di tikungan. Ditunjang suspensi belakang Showa berukuran 395 mm. Mestinya tak masalah meredam guncangan di jalan semi off-road. Apalagi ADV150 punya ground clearance cukup tinggi, 165 mm.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pesan Honda ADV150 Sekarang, Kapan Sampai ke Rumah?
Artikel Selanjutnya
Dibanderol Rp849 Juta, Ini Kelebihan BMW 320i Sport