Sukses

Keuntungan dan Kekurangan Gunakan Peredam Suara pada Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Peredam suara biasa digunakan pemilik mobil untuk menambah kenyamanan pengendara dan penumpang karena fungsinya mencegah suara yang disebabkan dari luar masuk, sehingga kabin tak lagi bising dan terhindar dari suara kasar mesin.

Selain itu, adanya peredam akan meningkatkan kualitas audio mobil. Meski demikian, pemilik kendaraan perlu memperhatikan beberapa hal saat melakukan pemasangan peredam, seperti tidak boleh terlalu senyap.

Usahakanlah ketika memasang peredam suara pemilik kendaraan masih bisa mendengarkan suara klakson dari luar untuk mewaspadai apabila ada klakson dari belakang.

Sebelum Anda memasang peredam suara pada mobil, ada baiknya bila Anda mengetahui beberapa keuntungan serta kerugian yang Anda dapatkan dengan memasang peredam suara, seperti dilansir Garda Oto, Jumat (23/8/2019).

Keuntungan

Mobil akan semakin nyaman saat dikendarai, karena pemilik kendaraan tidak akan terlalu mendengar suara dari mesin mobil maupun luar kendaraan.

Suara audio semakin jelas. Minimnya suara yang masuk kedalam mobil, akan membuat suara didalam mobil menjadi lebih jelas dan jernih. Maka dari itu banyak penghobi musik memasang peredam agar bisa mendengar suara musik dengan jelas.

Pemasangan di lantai mobil akan mengurangi suara yang ditimbulkan oleh ban. Pemasangan di bagian plafon mobil, akan mengurangi suara saat terjadi hujan. Pemasangan firewall atau di balik dashboard, untuk mengurangi suara dari mesin masuk kedalam kabin mobil.

2 dari 3 halaman

Kekurangan

Bobot yang dimiliki peredam biasanya lebih berat, sehingga akan membebani mobil.

Bila anda terlalu meredam suara dari dalam, anda mungkin saja tidak akan mendengar suara dari luar. Hal tersebut berbahaya karena tidak akan mendengar suara klakson dari luar.

Bila anda menggunakan peredam yang berbobot, maka anda akan berkemungkinan mengalami engsel pintu yang cepat aus. Sehingga anda perlu memperhatikan bobot dari peredam yang akan digunakan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kaca Mobil Baret Gara-Gara Wiper, Begini Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Dampak Buruk Mengisi Oli Mesin Terlalu Banyak