Sukses

Simpan 8 Barang Ini di Mobil untuk Mempermudah Hidup Anda

Liputan6.com, Jakarta - Perkakas standar bawaan mobil wajib ada di mobil seperti ban cadangan dan kunci-kunci wajib tersimpan di mobil. Namun, selain peralatan tersebut, masih banyak hal yang bisa dipersiapkan.

Setidaknya ada 8 barang lainnya yang wajib ada di dalam mobil, seperti dikutip dari Auto2000. Berikut daftarnya:

1. Dongkrak

Komponen ini wajib dibawa sebagai pelengkap ban cadangan. Harusnya setiap mobil pasti sudah dilengkapi dongkrak, kunci pas untuk membuka baut ban, sampai segitiga peringatan.

2 dari 8 halaman

2. Buku Manual

Terlihat sepele, karena meski ada di dalam mobil, bisa dipastikan jarang atau bahkan sama sekali belum pernah dibaca. Umumnya di simpan di laci dasbor.

Buku manual penting tetap ada di dalam mobil untuk mencari info mengenai adanya gejala tak lazim di mobil, atau informasi seputar kendaraan lainnya.

3 dari 8 halaman

3. Kabel Jumper

Perangkat yang satu ini juga tidak bisa dianggap remeh saat sedang melakukan perjalanan jauh. Ada baiknya komponen ini dibawa karena fungsinya sangat berguna ketika mengalami mogok karena aki tekor.

4 dari 8 halaman

4. Pengukur Tekanan Ban

Untuk memastikan kondisi ban memiliki tekanan udara yang sesuai, jangan lupakan untuk selalu membawa pengukur tekanan angin ban. Pompa listrik mobil umumnya dilengkapi dengan tekanan angin, jadi Anda bisa memompa sendiri dan mengatur tekanan sesuai standar.

5 dari 8 halaman

5. Senter

Barang ini sangat berguna untuk penerangan saat mobil dalam kondisi darurat di malam hari. Meski terkadang bisa diakali dengan lampu dari ponsel, tapi tentunya akan lebih maksimal menggunakan penerangan dari senter.

6 dari 8 halaman

6. Cairan Kimia

Ada baiknya menyediakan oli mesin cadangan, minyak rem, dan air radiator. Meski belum tentu dipakai, tapi ketiganya cukup penting utnuk dibawa saat menempuh perjalanan jauh.

7 dari 8 halaman

7. Perkakas

Sebenernya mobil zaman now sudah memiliki kunci-kunci untuk melakukan perbaikan ringan. Namun kunci yang disediakan sangat terbatas jumlahnya dan tidak bisa untuk pekerjaan berat. Tak ada salahnya Anda juga membeli perkakas yang lebih lengkap.

8 dari 8 halaman

8. Kotak P3K

Barang berisi obat-obatan ini juga tak bisa diremehkan. Barang peralatan medis sederhana ini sangat berguna untuk pertolongan pertama.

Sumber: Otosia.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Panik, Ikuti 4 Langkah Ini Saat Ban Pecah di Jalan Tol
Artikel Selanjutnya
Biji Kopi Bisa Hilangkan Bau Bensin di Kabin Mobil