Sukses

Kawasaki Patenkan Desain Motor Hybrid, Seperti Apa?

Kawasaki dikabarkan telah mematenkan desain motor hybrid. Motor hybrid tersebut menggabungkan mesin bensin dengan motor penggerak listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasaki dikabarkan telah mematenkan desain motor hybrid. Motor hybrid tersebut menggabungkan mesin bensin dengan motor penggerak listrik.

Dilansir Auto.ndtv.com, mereka telah mematenkan desain kendaraan ramah lingkungan tersebut belum lama ini. Berbeda dengan Honda PCX Hybrid yang telah beredar di Indonesia, motor listrik pada sistem hybrid Kawasaki ini tak hanya untuk meningkatkan akselerasi, tetapi juga dapat berdiri sendiri.

Dilihat dari paten tersebut, baterai pada motor hybrid Kawasaki ini terletak di atas mesin konvensionalnya, menggantikan tangki bahan bakar. Sedangkan komponen tersebut dipindah ke belakang.

Ada kemungkinan juga tangki bahan bakarnya mengecil dan masih terletak di depan, bersebelahan dengan baterai. Agar seimbang, di sisi sebaliknya terpasang sistem pendinginan mesin atau sekadar tangki coolant.

Bagian terumit ada di jantung penggeraknya. Sektor tersebut nantinya akan tampak padat lantaran diisi 3 komponen besar sekaligus, yakni mesin, transmisi, dan motor listrik. Ketiganya akan diletakkan serendah mungkin agar pusat keseimbangannya sempurna.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bergaya Naked Bike

Dari gambar paten tersebut tampak bahwa mesin konvensionalnya hanya memiliki 1-silinder dan kemungkinan kapasitasnya tak terlalu besar, di bawah 650cc. Untuk menyalurkan tenaganya, motor hybrid Kawasaki ini masih akan menggunakan rantai.

Menariknya, dengan tampilan sebuah naked-bike, motor hybrid Kawasaki ini akan tampak gahar dengan sektor dapur pacu yang padat. Selain itu, bisa jadi pabrikan asal Jepang tersebut menerapkan konsep Sugomi yang terkenal gahar.

Namun, desain paten bukanlah jaminan suatu motor akan masuk ke lini produksi. Yang jelas, berdasarkan bocoran ini tampak bahwa Kawasaki memang sedang mengembangkan sebuah naked-bike dengan sistem hybrid.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.