Sukses

Jangan Ditiru, Modifikasi Per Sebagai Pengganti Ban

Liputan6.com, Hanoi - Modifikasi pada kendaraan umumnya bertujuan untuk mengoptimalkan tampilan dan membuat performa kendaraan menjadi lebih baik.

Namun, terkadang modifikasi aliran ekstrem bisa memperlihatkan gagasan sang modifikator yang tak pernah terpikir sebelumnya.

Selama bertahun-tahun, ban kendaraan telah terbuat dari karet. Sampai saat ini, bahan tersebut terus dipakai dan dikembangkan menjadi lebih baik.

Namun, entah apa yang dipikirkan oleh seorang Youtuber asal Vietnam bernama Nguyen Thanh Nam. Mengutip dari Visordown.com, ia mengganti ban karet dengan 16 pegas.

 

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Ya, 16 pegas berukuran 3 inci tersebut dipasangkan pada pelek depan. Caranya tentu dengan dilas agar dapat melekat kuat.

Ajaib, modifikasi aneh tersebut bisa berhasil. Hanya saja, laju motor bebek itu jadi tak semulus biasanya.

Merasa kurang puas, Nam pun akhirnya menguji roda ajaibnya ini dengan cara berboncengan. Lagi-lagi, modifikasi unik itu bisa berfungsi dengan baik, bahkan saat menikung sekalipun.

Meski tidak terjadi insiden atau pun peristiwa lainnya, modifikasi ini tidak patut untuk ditiru. Pasalnya, mengubah komponen vital di sepeda motor membutuhkan perhitungan yang matang.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Cara Mudah Bikin Motor Lebih Kencang Tanpa Modifikasi Mesin

Banyak pemilik kendaraan rela merombak ulang motornya secara total demi mendapatkan sensasi kencang saat berkendara di jalan.

Untuk membuat motor kencang, terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi agar tak kena tilang karena motor tak sesuai aturan.

Karena itu, berikut beberapa tips terkait cara membuat motor kencang tanpa harus melakukan modifikasi mesin seperti dilansir Wahana Honda, Senin (1/4/2019).

 

 
 

 

1. Pasang Knalpot Aftermarket

Cara membuat motor kencang yang pertama ialah mengganti knalpot bawaan dengan knalpot racing aftermarket.

Dengan knalpot racing yang lebih ringan, beban yang dibawa akan berkurang. Selain itu, converter katalitik dari knalpot juga akan menaikkan daya yang sudah ada.

2. Suspensi

Terlihat sepele, namun shockbreaker yang prima ternyata mampu meningkatkan kemampuan mesin sehingga lebih optimal.

Tanpa adanya suspensi yang baik, mesin yang sudah di-bore-up juga tak akan mengeluarkan kemampuan maksimal.

 

3. Pelek Ringan

Cara membuat motor kencang yang lain yaitu memilih pelek yang ringan. Teorinya masih sama, dengan beban kendaraan yang telah dipangkas diharapkan kemampuan motor semakin maksimal.

4. Ban

Pemilihan ban akan menyokong performa motor. Tentunya ban sport dengan soft compoundakan membuat motormu nge-grip dengan jalan layaknya di sirkuit. Namun,

jika jalanan yang dilalui tak rata, sangat disarankan untuk menggunakan ban standar.

5. Modifikasi Karburator

Ini adalah cara membuat motor kencang tanpa mengeluarkan biaya maksimal. Karena hal ini dilakukan tanpa biaya.

Memodifikasi karburator bertujuan agar performa ruang bakar pada motormu semakin maksimal. Caranya dengan mengganti spuyer karburator dengan ukuran yang lebih besar. Namun, penggantian yang tak sesuai akan membuat motor tersendat dan mogok.

6. Perawatan Rutin

Ini merupakan salah satu cara membuat motor kencang dengan biaya murah. Dengan perawatan rutin, motormu akan selalu dalam kondisi prima. Selain itu, biaya untuk perawatan rutin tak akan mahal.

Ganti oli setiap bulan dan servis motor setiap dua bulan sekalipun sudah cukup untuk membuat motor kencang.

 
Loading
Artikel Selanjutnya
Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Bisa Bernyanyi, Ini Penjelasannya
Artikel Selanjutnya
Standar Samping Honda Bakal Lebih Canggih dan Rumit