Sukses

Dipakai Balapan, Begini Spesifikasi Mobil Otonom AWS DeepRacer

Liputan6.com, Singapura - Pengembangan sistem otonom sepertinya tidak akan dikuasai oleh pabrikan otomotif dunia saja, tapi juga perusahaan teknologi. Salah satunya, adalah Amazon Web Series (AWS) yang bahkan sudah mampu menciptakan sistem mobil tanpa kemudi.

Sebagai anak usaha dari salah satu e-commerce besar di dunia, Amazon, AWS telah membenamkan sistem otonom ini di mobil mini dengan skala 1:18 bernama DeepRacer. Tidak hanya itu, bahkan AWS telah membuat balapan mobil tanpa sopir berskala dunia, yang pada gelaran AWS Summit Expo 2019 di Singapura lalu, menjadi balapan mobil tanpa sopir pertama di Asia Tenggara.

Jika melihat datanya, DeepRacer ini sendiri menggunakan sistem reinforcement learning, yang merupakan bagian dari machine learning. Mobil ini dibekali dengan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI), sehingga mobil ini mampu mempelajari kondisi di sekitar.

"Kalau di machine learning ada tiga, yaitu supervised learning, unsupervised learning, dan reinforcement learning," ujar Donnie Prakoso, Technology Evangelist AWS, di Singapura, belum lama ini.

DeepRacer ini sendiri, mampu diprogram dengan algoritma machine learning, dan tersambung dengan platform Amazon SageMaker. Dengan begitu, mobil ini mampu berjalan, melewati rintangan, belok kanan atau kiri, dan berhenti secara akurat.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Untuk spesifikasinya sendiri, DeppRacer ini dibekali dengan sistem penggerak 4WD dengan sasis truk raksasa, prosesor intel atom, RAM 4GB, dan penyimpanan 32 GB.

Selain itu, mobil mini ini dibekali Wi-Fi 802.11ac, kamera 4MP dengan MJPEG, dan perangkat lunak Ubuntu OS 16.04.3 LTS Intel OpenVINO toolkit, ROS Kinetic.

Terakhir, AWS DeepRacer ini dibekali Drive battery berukuran 7.4V/1100mAh lithium polymer, compute battery berukuran 13600mAh USB-C PD, ports 4x USB-A, 1x USB-C, 1x Micro-USB, 1x HDMI, dan sensors integrated accelerometer and gyroscope.

3 dari 3 halaman

Pamerkan Teknologi Otonom, Amazon Bikin Balap Mobil Tanpa Sopir Pertama di ASEAN Arief AszhariArief Aszhari 11 Apr 2019, 10:28 WIB 19 Amazon Bikin Balap Mobil Tanpa Supir Pertama di ASEAN (Arief A/Liputan6.com)

Industri otomotif global saat ini tengah sibuk mengembangkan mobil listrik dan juga mobil tanpa sopir otonom. Tidak hanya pabrikan kendaraan yang berambisi untuk menciptakan teknologi canggih tersebut, tapi juga berbagai perusahaan teknogi, dan salah satunya Amazon Web Service (AWS).

Perusahaan yang merupakan anak usaha raksasa e-commerce Amazon ini, telah mampu membuat sistem otonom.

 

 
 

 

Teknologi yang disebut Machine Learning (ML), adalah bagian dari kecerdasan buatan atau artificial intelligence atau AI, yang dibenamkan di mobil mini yang disebut AWS DeepRacer, dengan skala 1/18 dari ukuran mobil sebenarnya.

Untuk terus memperkenalkan teknologi ini, perusahaan asal Amerika Serikat ini menggelar AWS DeepRacer League yang pertama kalinya digelar di Asia tenggara, yang merupakan bagian dari AWS Summit Singapore, 10-11 April 2019.

Acara ini memberikan para pengembang kesempatan untuk menjelajahi ML dengan cara yang menyenangkan dan sangat menghibur, karena akan berlomba menggunakan mobil AWS DeepRacer yang dikendalikan oleh reinforcement learning, yang merupakan cabang ML yang ideal untuk melatih kendaraan otonom.

Di area balap di Singapore EXPO Convention & Exhibition Center, pengembang akan menguji model mereka dan mencatat waktu putarannya dengan mobil mereka direkam ke Speedway Leaderboard. 

 
 
Loading
Artikel Selanjutnya
Pamerkan Teknologi Otonom, Amazon Bikin Balap Mobil Tanpa Sopir Pertama di ASEAN
Artikel Selanjutnya
Mobil Tanpa Sopir Harus Bisa Menepi Jika Diberhentikan Polisi