Sukses

Inikah Generasi Terbaru Suzuki Karimum Wagon R?

Liputan6.com, Jakarta - Sosok mobil yang diduga generasi terbaru Suzuki Karimun Wagon R tertangkap kamera saat tengah melakukan uji jalan. Kabarnya, mobil ini tak lama lagi meluncur.

Menurut afiliasi OTO.com di India, Cardekho dan GaadiWaadi, New Wagon R dirilis 23 Januari mendatang. Mobil ini memakai platform baru yang diharapkan semakin luas dibanding model terdahulu.

Bila melihat wujud keseluruhan, semestinya benar bertambah lega. Bentuk bodi masih mengotak dengan wheelbase lebih panjang dan atap tinggi. Desain serba boxy ini paling berkontribusi pada kelapangan kabin.

Masih menurut Cardekho, unit di foto bukan varian tertinggi. Kemungkinan tipe menengah bila menelaah kelengkapan di sektor eksterior. Seperti lampu utama model multireflektor bukannya proyektor. Karena Wagon R varian termahal di India dan Indonesia sudah pakai proyektor.

Wajah depan semakin dinamis dan tidak sekaku Wagon R lama. Caranya dengan membuat lampu yang lebih membulat. Bumper pun didesain sederhana. Rumah fog lamp hanya berbentuk trapezoidal kecil dan air dam di tengah berkelirkan hitam.

Guratan garis bodi samping yang dibuat dinamis, membentuk over fender meski tidak membuat wheel arch semakin besar. Spion luar kecil dan menyatu memberi kesan modern tersendiri. Sementara atapnya tetap jangkung dan kaku. Garis bahu yang meninggi ke belakang sedikit menyamarkan kesan tinggi itu.

Desain belakang lebih menarik untuk dibahas. Profil samping ditutup aksen hitam di pilar C yang membentuk gaya atap mengambang. Hal ini selaras dan menyatu dengan lampu belakang yang memanjang hampir memenuhi seluruh pilar.

Lampu rem berada di atas, diikuti lampu mundur dan sein. Bentuk lampu dibuat sudut melebar pada bagian paling bawah. Sehingga bila dilihat dari frontal belakang, bokong tampak berisi. Tidak adanya spoiler kembali menandakan bukan varian tertinggi.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Interior mobil ini belum terkuak, namun seharusnya mengalami peningkatan dari sisi kemewahan dan fitur. Salah satunya kelengkapan head unit khusus India.

Biasanya fitur Apple CarPlay dan Android Auto, sudah menjadi standar di banyak mobil lansiran sana. Dan tentunya, peranti keselamatan serta keamanan yang semakin baik lagi. Seperti dual airbag, ABS+EBD, sensor parkir, seatbelt reminder, auto door lock, ISOFIX dan lain-lain.

Dapur pacu sepertinya tidak ada perubahan. Mesin K10B 3-silinder 1,0-liter dengan tenaga 67 hp dan torsi 90 Nm, pilihan tepat untuk mobil “kutu” seperti Wagon R. Opsi transmisinya tak lain masih manual 5-speed dan AMT atau dikenal Auto Gear Shift (AGS).

Yang pasti, kehadiran Wagon R baru juga diperlukan untuk Suzuki Indonesia. Sebagai jagoan di segmen Low Cost Green Car (LCGC), model sekarang sudah sulit bersaing melawan para kompetitornya. Kita tunggu saja kemunculan perdananya di India.

Sumber: Oto.com

PETUGAS PASUKAN ORANYE CANTIK INI CURI PERHATIAN WARGANET

Tutup Video