Sukses

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Liburan Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Akhir 2018 di depan mata. Bagi Anda yang telah memiliki jadwal untuk mengisi waktu akhir tahun, ada baiknya melakukan berbagai persiapan.

Nah, bagi Anda yang ingin bepergian menggunakan kendaraan pribadi atau sewa, ada baiknya juga menjaga stamina agar tubuh tetap prima sampai tempat tujuan.

Selain itu, perbanyaklah minum air mineral dan juga vitamin agar tubuh tetap terjaga. Sebab, jika letih atau terjerat sakit, hal itu justru akan membuat liburan Anda kurang sempurna.

Selain fisik yang fit, beberapa hal kecil mampu membuat aktivitas berkendara jauh lebih nyaman selama perjalanan. Kenyamanan dalam perjalanan diharapkan dapat membuat konsentrasi berkendara tetap terjaga. Berikut adalah beberapa hal sederhana untuk membuat perjalanan Anda dapat berjalan aman dan nyaman:

1. Hindari Beban Kendaraan yang Tak Perlu

Pengendara disarankan tidak membawa barang terlalu banyak saat melakukan perjalanan. Untuk itu, rencanakan barang bawaaan Anda dan kalkulasi beban tambahan yang akan Anda bawa pulang.  

Selain kapasitas angkut mobil yang lebih lega, bahan bakar pun dapat dihemat karena beban yang tak terlalu berat. 

2 dari 3 halaman

2. Gunakan Alas Kaki yang Tepat

Pemilihan alas kaki yang tepat ternyata memiliki andil untuk memberikan kenyamanan saat berkendara. Kunci dari teori ini adalah sensitivitas kaki saat menginjak pedal.

Bagi pengendara mobil, sol sepatu yang cukup tebal akan mengurangi sensitivitas menginjak gas ataupun rem. Meskipun dianjurkan menggunakan alas kaki dengan sol yang tak terlalu tebal, tentu tidak disarankan untuk menggunakan sendal jepit karena kurang mendukung faktor keamanan kaki.

3. Tekanan Ban yang Sesuai

Ban merupakan komponen kendaraan yang langsung bersentuhan dengan jalan. Perjalanan jauh akan makin nyaman dengan kondisi ban yang prima. Tak hanya kondisi kembang pada tapak ban yang masih tebal, tekanan angin juga berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Tekanan angin yang tepat akan mengurangi beban pada roda kemudi ataupun stabilitas pada sepeda motor.

Setiap jenis kendaraan memiliki ukuran tekanan ban yang berbeda-beda. Sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya isi angin pada ban sesuai anjuran dari pabrikan. Bila tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan, perjalanan pun akan semakin aman dan nyaman. Terutama kala kondisi lalu lintas menuntut banyak melakukan pengereman dan gas secara berulang.

 

 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Pemotor Ramai Terobos Perlintasan Kereta Api, Jangan Ditiru!

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
10 Bagian yang Wajib Diperhatikan agar Sepeda Motor Berumur Panjang
Artikel Selanjutnya
Mau Offroad, Begini Cara Pakai Sistem 4WD yang Benar