Sukses

SUV dan Pikap Listrik Ini Pelahap Segala Medan

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai merek baru turut meramaikan Los Angeles Auto Show 2018. Salah satunya adalah Rivian yang merupakan pabrikan otomotif anyar asal Amerika Serikat yang fokus mengembangkan mobil listrik.

Dalam pameran otomotif bergengsi ini mereka memperkenalkan R1T dan R1S yang merupakan mobil bertenaga listrik yang memiliki kemampuan menjelajah tinggi di segala medan.

Rivian R1T sendiri berwujud pikap kabin ganda, sedangkan R1S adalah Sport Utility Vehicle (SUV). Rencana produksi R1T dijadwalkan pada 2020, sedangkan R1S menyusul setahun setelahnya.

Sayangnya belum diketahui berapa harga jual masing-masing model. Namun, Rivian sudah membuka jalur pemesanan dengan syarat deposit sebesar $1.000 atau Rp 14 jutaan.

Tampilannya sangat futuristik. Wajar masih berbentuk konsep. Kalaupun tetap mempertahankannya saat versi produksi nanti, pastinya terlihat keren. Berbagai teknologi disematkan guna menunjang performa dan pengalaman berkendara. Paling mutakhir tentu sumber tenaga penggeraknya.

Mesin elektrik yang digunakan Rivian berupa sistem quadmotor (4 motor), secara total menghasilkan tenaga 750 hp. Karena masing-masing ban punya motor, keluaran tenaganya mampu diatur sesuai kebutuhan.

Mobil dapat melaju kencang dan bermanuver mantap saat menikung. Begitupun ketika melewati medan offroad, tiap rodanya bekerja secara independen memastikan mobil mendapatkan traksi yang tepat.

Rencananya Rivian menawarkan beberapa varian kapasitas baterai. Tahap awal tersedia 180 kWh dan 135 kWh. Menyusul 6 bulan kemudian pilihan 105 kWh. Baterai terbesar diklaim mampu menjalankan mobil sejauh 644 km.

Sumber dayanya didesain dapat diisi dengan cepat melalui teknologi fast charging. Untuk mengisi baterai agar dapat menjelajah sejauh 321 km hanya membutuhkan 30 menit.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Baik model R1T dan R1S punya kemampuan berkendara swakemudi Level 3 di jalan raya. Dalam penjelasan di situs resmi Rivian, sistem mampu mengizinkan pengendara mengalihkan perhatian dari jalan, tanpa perlu khawatir menabrak.

Hal ini dapat dicapai berkat sejumlah fitur deteksi seperti dua sensor Lidar (light detection and ranging), kamera, radar, sensor ultrasonic dan teknologi GPS presisi tingkat tinggi.

Kebutuhan daya listrik pasti dibutuhkan saat sedang bertualang. Untuk model pikap kabin ganda R1T, disediakan tiga buah USB-C port yang bisa mengisi daya smartphone dengan cepat. Fiturnya diperkaya 3 buah outlet 110V yang bisa dihubungkan ke perangkat elektronik lainnya. Yang menarik, kompresor udara untuk mengisi tekanan angin ban sudah terintegrasi.

Bak model pikap kabin ganda dapat dibuka secara elektrik dalam dua sudut, 90 dan 180 derajat. Sudut maksimalnya memudahkan pengguna yang ingin menaiki bak, karena tersedia dua buah pijakan. Penutup baknya juga bisa dikontrol secara elektrik untuk melindungi barang bawaan.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Soetta jadi Bandara Pertama di Indonesia yang Bisa Isi Baterai Mobil Listrik
Artikel Selanjutnya
Sulit Diproduksi Lokal, Seberapa Mahal Harga Porsche Taycan di Indonesia?