Sukses

Inovasi Canggih, Ujian Praktik SIM Pakai Sensor Ultrasonik

Ketika mengajukan pembuatan surat izin mengemudi (SIM), pemohon biasanya harus melewati berbagai ujian, dan salah satunya praktik membawa kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Ketika mengajukan pembuatan surat izin mengemudi (SIM), pemohon biasanya harus melewati berbagai ujian, dan salah satunya praktik membawa kendaraan. Selama ini, ujian tersebut hanya dilakukan dengan si calon pemegang SIM harus melewati beberapa tahapan untuk bisa lulus.

Nah, saat ini ujian praktik SIM bakal lebih canggih, dengan menggunakan inovasi teknologi. Hal tersebut, dilakukan oleh jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Sidoarjo dengan beberapa pihak, meluncurkan inovasi teknologi yang ditemukan oleh sebuah perguruan tinggi di Jawa Timur yaitu penggunaan sensor ultrasonik dalam kegiatan uji praktik SIM.

Inovasi ini berawal dari keinginan agar proses ujian praktik SIM bisa lebih transparan, dan rencananya akhir bulan ini inovasi tersebut akan diluncurkan. Diharapkan, dengan inovasi ini transparansi pelayanan ujian SIM semakin baik.

Dijelaskan Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Dhyno Indra Setyadi, ada 29 sensor ultrasonik yang terpasang pada garis-garis untuk dilalui kendaraan dalam ujian praktik.

"Itu pinggirnya dipasangi sensor ultrasonik untuk yang berkelok, atau garis membentuk angka delapan, serta garis lurus dipasang pada 20 traffic cone, dimana setiap traffic cone yang berderet persis di pinggir garis dilengkapi dengan sensor sentuh," ujar Kompol Dhyno, seperti dikutip lama resmi NTMC Polri, Kamis (15/11/2018).

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lanjutnya, sensor ultrasonik bekerja memantulkan suara sehingga saat kendaraan atau benda yang melintas melebihi garis, akan menghasilkan suara karena alat itu terhubung dengan sirine yang terpasang. Demikian juga dengan sensor suara.

Selain itu, sensor ultrasonik dan sensor suara yang ada pada lokasi ujian praktik roda dua atau SIM C ini juga terhubung ke sebuah layar yang terpasang di dalam ruang ujian. Jadi, petugas atau siapa saja bisa memantau jalannya ujian praktik tersebut.

"Dengan sistem seperti ini, ujian praktik SIM tampak transparan, bisa langsung diketahui oleh pemohon yang lain," pungkas Kompol Dhyno Indra Setyadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.