Sukses

Lesu di Indonesia, Suzuki Karimun Wagon R Moncer di Pakistan

Terus terang saja, kita tidak malu mengakui itu kurang berhasil (Suzuki Karimun Wagon R). Tapi kita juga bangga, karena ekspor ke Pakistan.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pasar Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar dan Harga Terjangkau (KBH2), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memang memiliki Karimun Wagon R. Namun, model yang bertarung dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Datsun Go ini memang tidak cukup sukses di Tanah Air.

Bahkan, hal tersebut diakui oleh Soebronto Laras, Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International (Indomobil Group), yang juga menyebutkan investasi pabrikan berlambang huruf S untuk segmen mobil murah di Indonesia tidak sedikit.

"Saya terus terang saja, menciptakan LCGC Karimun Wagon R investasinya Rp 5,1 triliun, itu beban investasi untuk bikin LCGC dengan harapan lima tahun komponen lokal bisa sampai 92 persen. Kita ikuti semua," jelas Soebroto saat ditemui di Pabrik Suzuki, Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Lanjut Soebroto, dengan investasi yang besar, lalu apa yang terjadi sekarang?

"Terus terang saja, kita tidak malu mengakui itu kurang berhasil. Tapi kita juga bangga, karena ekspor ke Pakistan," tegasnya.

Untuk jumlah ekspor ke Pakistan sendiri, Suzuki Karimun Wagon R terkirim sekitar 3.000 per bulan. "Kenapa laku di Pakistan, mungkin di sana tidak sok-sokan juga, Sudahlah pakai ini juga oke, udah asik juga dan cocok," pungkas Soebroto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suzuki Karimun Wagon 7-Seater Batal Meluncur, Ini Alasannya

Kabar Suzuki sedang menggarap Wagon R versi 7-penumpang telah beredar sejak beberapa tahun lalu. Tapi hingga kini kelanjutan proyek tersebut tak ada hasil nyatanya.

Melansir Motor Octane, Wagon R 7-penumpang yang rencananya akan diluncurkan untuk negara-negara Asia Selatan itu, batal hadir di pasar India.

Alasannya, mobil itu akan menjadi produk yang tidak perlu dan hanya akan menambah biaya serta tak akan menghasilkan keuntungan atau kesuksesan yang diinginkan perusahaan. Juga, sudah ada mobil Suzuki untuk segmen ini, seperti Suzuki Eeco dan Omni. Keberadaan Suzuki Ertiga, Omni, dan Eeco cukup baik menurut pabrikan.

Suzuki Wagon R 7-penumpang sendiri akan berukuran di bawah 4 meter. Ukuran ini akan mengikuti bahasa desain dari Wagon R, yang akan berbentuk kotak dan lebih praktis.

Bagi mereka yang membutuhkan MPV terjangkau, Suzuki Wagon R 7-penumpang akan menjadi jawaban. Bahkan untuk pembeli mobil pertama kali yang mencari kapasitas 7-penumpang dengan anggaran rendah, mobil ini akan ideal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.