Sukses

Pesepeda Mengemudikan Mobil atau Motor Lebih Baik, Ini Buktinya

Liputan6.com, Canberra - Selain menyehatkan dan ramah lingkungan, bersepeda dapat meningkatkan kemampuan mengemudi mobil maupun motor. Hal tersebut disampaikan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh Lisa J Hansen dari Australian National University, Canberra, dan Vanessa Beanland dari University of the Sunshine Coast.

Dilansir road.cc, pada studi berjudul "Do cyclists make better drivers? Associations between cycling experience and change detection in road scenes". Penelitian tersebut mencari benang merah antara durasi mengemudi dan pusat fokus pengemudi.

Penelitian ini membandingkan pengemudi yang memiliki pengalaman bersepeda dan tidak sama sekali. Peneliti memperkirakan grup orang-orang yang berpengalaman bersepeda memiliki kesadaran lebih baik akan lingkungan sekitar

Setiap peserta menjalani tes bernama ‘change detection flicker test’ yang memperlihatkan dua gambar di saat yang bersamaan. Lalu peserta harus menentukan apakah gambar tersebut sama persis atau berbeda.

Gambar tersebut memperlihatkan rambu-rambu, mobil, pejalan kaki, atau sepeda. Hasil penelitian membuktikan pengemudi yang terbiasa bersepeda lebih cepat mendeteksi perubahan di jalan raya dibanding pengemudi biasa. 

 

 

2 dari 3 halaman

Sepeda Mercedes-AMG Seharga Mobil Murah, Apa Hebatnya?

Selain membuat mobil berperforma tinggi, Mercedes-AMG dikenal sebagai divisi yang senang menciptakan sepeda untuk merayakan momen-momen istimewa.

Uniknya, Rotwild racing bike R.S2 Limited-Edition "Beast of Green Hell" special ini sangatlah istimewa karena banderol harganya yang unik. Harga €7.109 (setara Rp 112 juta) mewakili catatan waktu saat melahap Nurburgring.

 

 

 

Harga tersebut terdengar fantastis. Pada kenyataannya, masih banyak sepeda Mercedes-AMG lainnya dibanderol dengan harga mendekati €10.000. Bahkan, teknologi yang disematkan pada sepeda tersebut terbilang sepadan.

Dilansir Autoevolution, rangkanya dibuat dengan bahan serat karbon menggunakan tangan. Teknologinya terbilang sangat canggih dibanding teknologi yang disematkan pada mobil pada umumnya.

Rangka berbobot ringan tersebut dipadukan dengan pelek berukuran 29 inci. Kombinasi tersebut memberikan akselerasi yang optimal, dengan pengereman yang mumpuni. Bobotnya dibuat sedekat mungkin dengan pusat pelek untuk memberikan rasa berkendara yang natural. Semua perlengkapan menggunakan suku cadang milik Shimano yang dikenal memiliki keahlian khusus dan sangat presisi untuk drivetrain sepeda.

Rotwild racing bike R.S2 Limited-Edition "Beast of the Green Hell" hanya dapat dipesan melalui jaringan penjual sepeda Rotwild. Kolaborasi ini merupakan yang ketiga kalinya, sebelumnya mereka menciptakan sepeda gunung.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Surga Para Pesepeda di Amsterdam Belanda
Artikel Selanjutnya
Tak Hanya Motor, Mobil Klasik Kustom Hadir di Kustomfest 2018