Sukses

Suzuki GSX-1000S Katana Adopsi Turbocharger?

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki berencana merilis motor gede (moge) terbaru di Intermot 2018, Oktober mendatang. Moge itu disebut-sebut sebagai Suzuki GSX-1000S Katana.

Berbagai spekulasi terkait spesifikasi generasi terbaru Suzuki GSX-1000S Katana pun muncul akibat 2 video yang unggah situs resmi Suzuki. Salah satunya adalah rumor bahwa moge ini akan menjadi pesaing kuat bagi Kawasaki Ninja H2.

Ya, diprediksi bahwa Suzuki GSX-1000S Katana nantinya akan menggunakan mesin yang dilengkapi supercharger. Pasalnya, mengutip dari Bennets.co.uk, Suzuki telah beberapa kali mematenkan desain mesin dengan teknologi tersebut selama 5 tahun belakangan.

Selain itu, pabrikan asal Jepang ini juga pernah memperkenalkan motor turbocharger bernama Suzuki Recursion Concept pada ajang Tokyo Motor Show 2013 silam. Motor konsep ini muncul lagi dengan nama XE7 di gelaran yang sama 2 tahun berikutnya.

Awalnya Suzuki Recursion Concept memang dilengkapi dengan turbocharger. Namun, berdasarkan desain paten terbarunya, mesin motor sport half-fairing ini justru menggunakan supercharger layaknya Kawasaki Ninja H2.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dengan tagline "completely new category and brand new bike will be born" atau "kategori dan motor yang benar-benar baru akan lahir", bukan tidak mungkin bahwa Suzuki GSX-1000S Katana akan mengusung mesin 2-silinder inline dengan turbocharger.

Namun, kemungkinan terbesar untuk saat ini adalah mempertahankan ciri khas mesin Suzuki GSX-1000S Katana, yaitu 4-silinder inline. Bisa jadi, dapur pacu ini diadopsi dari Suzuki GSX-S1000 yang telah beredar saat ini.

Suzuki GSX-S1000 mengandalkan mesin 4-silinder DOHC 999cc berpendingin cairan. Konfigurasi tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 138 hp dengan torsi maksimum 100 Nm.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Suzuki Ertiga Terbukti Aman untuk Anak
Artikel Selanjutnya
60 Ribu Mobil Suzuki Ditarik, Apa yang Bermasalah?