Sukses

Tertarik Naik Bus Nirsopir Telkomsel, Catat Jam Operasionalnya

Telkomsel turut memeriahkan Asian Games 2018 dengan menghadirkan autonomous electric vehicle alias bus listrik nirsopir pertama di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel turut memeriahkan Asian Games 2018 dengan menghadirkan autonomous electric vehicle alias bus listrik nirsopir pertama di Indonesia.

Bus yang 100 persen bertenaga listrik ini merupakan buatan perusahaan spesialis kendaraan otonom asal Prancis bernama Navya. Dalam pengoperasiannya, bus tanpa sopir ini mengandalkan teknologi 5G Telkomsel.

Vice President Technology & system Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan, kendaraan otonom merupakan sebuah contoh dari kecanggihan teknologi LIDAR (Light Detection and Ranging), AI (Artificial Intelligent) dan teknologi 5G untuk mewujudkan Indonesia 4.0.

"Dengan menghadirkannya di perhelatan Asian Games 2018 sebagai bagian dari Telkomsel 5G Experience Center, Telkomsel memastikan kesiapan armada ini dapat memenuhi animo masyarakat, terutama mereka yang menonton pertandingan di area Gelora Bung Karno," jelasnya di Pintu 2, area Telkomsel 5G Experience Center, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Sekadar informasi, bus nirsopir ini memiliki kapasitas penumpang hingga 12 orang, dengan formasi 8 duduk dan 4 berdiri. Kemudian ada kamera 360 derajat yang bisa memantau situasi kabin.

Bus ini menggunakan penggerak listrik dengan daya battery pack berkapasitas 33 kWh, yang mampu bertahan selama sembilan jam.

Untuk pengisian daya dibutuhkan waktu selama tujuh sampai delapan jam. Fitur navigasi dan keselamatan telah menggunakan sistem pendeteksi efektif yang menggabungkan berbagai jenis teknologi canggih.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menariknya, bus ini bisa dinikmati oleh pengunjung tanpa dipungut biaya. Caranya, tinggal mendaftarkan diri di meja regristrasi lalu antre sampai giliran naik tiba.

"Setiap hari bus ini beroperasi dua kali, jam 10 sampai 12 siang dan jam 2 sampai 5 sore. Cara daftarnya gampang banget, tinggal registrasi dan download aplikasi Telkomsel Asian Games," ujar Nessa pemandu bus nirsopir Telkomsel.

Untuk diketahui, bus ini bisa dinikmati selama penyelenggaraan Asian Games 2018 berlangsung hingga 2 September mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.