Sukses

Pembukaan Asian Games 2018, Pengendara Diimbau Menghindari Jalan Sekitar GBK

Liputan6.com, Jakarta - Pesta olahraga Asian Games ke-18 bakal resmi dibuka, Sabtu (18/8/2018). Terkait arus lalu lintas dan keamanan memang sudah sangat dipersiapkan oleh pihak terkait, seperti kepolisian.

Bahkan, saat apel persiapan pembukaan Asian Games 2018, yang dipimpin langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, telah memberikan arahan kepada jajarannya. Bahkan, sempat menyebut juga jika bakal ada enam ruas jalan di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) yang ditutup jelang proses opening ceremony.

Keenam ruas jalan tersebut, adalah pertigaan Pakubuwono-Hang Lekir hingga SPBU dekat Kampus Mustopo, Jalan Asia Afrika, Jalan Patal Senayan, Jalan Gatot Subroto, Jalan Pintu 1 GBK, dan Jalan Jenderal Sudirman.

Sehari sebelumnya, Kakorlantas yang juga didamping oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, telah meninjau langsung titik yang mengalami penutupan jalan. Dalam hal ini, untuk memudahkan para penonton dan tamu undangan untuk sampai ke tempat acara, penutupan sudah dilakukan sejak 10 pagi hingga selesainya acara sekitar jam 11 malam.

"Kami menyarankan masyarakat tidak berpergian ke arah GBK jika tidak ada kepentingan,” ujar Royke.

Penutupan pertama, dilakukan di Jalan Hang Lekir. Dimana merupakan sekat terluar di wilayah Jakarta Selatan, dan di ruas jalan ini juga bakal dilakukan penyaringan kendaraan untuk para undangan dan atlet.

Lokasi kedua yang mengalami penutupan, yaitu perempatan Lapangan Tembak Senayan. Penyaringan akan dilakukan dari jalan layang Manggala untuk mengurangi beban di lapangan tembak.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menurut Kakorlantas, kendaraan akan dialihkan ke flyover untuk ini mengurangi kepadatan di Pos Pol Palmerah. Selain itu, Gerbang Pemuda juga akan ditutup. Hanya atlet dan official yang boleh melintas. Kendaraan sebelumnya akan disaring di Sudirman agar tidak padat menuju Palmerah.

"Gerbang Pemuda ini akan menjadi titik krusial. Para undangan dan atlet akan masuk dari jalan ini, Lalu penutupan juga akan dilakukan di Patal Senayan yang mana kendaraan akan dialihkan ke Tentara Pelajar” tambah Kakorlantas.

Sementara itu, untuk para undangan dan penonton telah disiapkan kantong-kantong parkir di sekitar GBK. Dari kantong parkir tersebut, disediakan shuttle bus yang akan mengantar hingga pintu masuk GBK.

"Kantong parkir kita sediakan di Senayan city, lalu dekat lapangan golf. Untuk di daerah Sudirman, kita sarankan parkir di SCBD sehingga bisa langsung menyeberang di JPO depan gerbang Panahan Senayan," tegas Kakorlantas.

"Sebisa mungkin hindari ruas jalan yang akan ditutup. Cari rute alternatif jika tidak punya kepentingan di sekitar GBK," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.