Sukses

Honda Forza Laris Manis, Ini Respons Yamaha Indonesia

Setelah 11 hari mejeng di GIIAS 2018, Honda Forza terjual hingga 321 unit.

Liputan6.com, Jakarta - Honda Forza melakoni debutnya dengan cukup manis. Setelah 11 hari mejeng di GIIAS 2018, skutik premium terbaru PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut terjual 321 unit. Tentu hasil ini membuat persaingan antara Honda Forza dengan Yamaha Xmax semakin sengit.

Selaku rival, Yamaha mengaku tidak takut. Mereka yakin skutik bongsor buatannya, Xmax 250, tetap unggul dibanding Forza 250.

"Kami sangat siap. Dari sisi produk, aftersales service, spare part dan pelayanan kepada konsumen," ujar Manager of Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widantoro via pesan singkat.

Ditambah lagi harga Xmax 250 jauh lebih murah, yakni Rp 57,8 juta (on the road Jakarta). Bedanya dengan kompetitor mencapai Rp 12 jutaan. Ini karena skutik garputala diproduksi di Tanah Air, sementara Forza 250 masih diimpor langsung dari Thailand. "Jadi (Xmax) value for money untuk konsumen," kata dia.

Keunggulan lain, kapasitas tangki bensinnya mencapai 13 liter. Bandingkan dengan skutik berlambang sayap yang cuma bisa meminum 11,5 liter. Besarnya kapasitas tangki ini harusnya berefek ke kemampuan jelajah yang lebih jauh.

Xmax 250 juga punya kompartemen lebih banyak. Selain bagasi bawah jok muat dua helm full face, dashboard-nya memiliki dua tempat penyimpanan masing-masing di kiri dan kanan. Sementara dashboard Forza 250 cuma memiliki satu kompartemen di sisi kiri.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Soal mesin, keduanya mirip. Dibekali kapasitas 250 cc satu silinder SOHC berpendingin cairan. Xmax 250 unggul lewat torsi puncak yang lebih besar 0,3 Nm, di atas kertas angkanya 24,3 Nm pada 5.000 rpm. Forza 250 istimewa di limpahan tenaga lebih besar 0,68 PS, curahannya mencapai 23,5 PS pada 7.500 rpm.

Fitur sama-sama menggendong sistem keyless, pencahayaan LED, kendali traksi, charger smartphone dan anti-lock braking system (ABS). Honda sedikit unggul dari sisi fitur, karena ada alarm serta pengaturan windshild elektrik.

"Yamaha sebagai pionir di Maxi kategori, sudah memiliki banyak konsumen, banyak komunitas, modifikasi meningkat cepat dan konsumen bukan hanya mendapatkan pengalaman yang menyenangkan tetapi juga kebanggaan menggunakan produk Maxi Yamaha. Xmax adalah kebanggaan Indonesia yang mendunia," jelas Antonius.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.