Sukses

Terungkap, Kisah Ford Bikin Mobil dari Kacang Kedelai

Liputan6.com, Jakarta - Dunia otomotif memang tidak akan pernah habis untuk dicari sisi menariknya. Bahkan, mulai dari sejarah hingga keberadaan mobil modern saat ini masih sangat layak untuk diungkapkan ke publik.

Seperti halnya cerita Henry Ford, yang pada 1941 pernah membuat prototipe mobil Ford dengan menggunakan bahan kacang kedelai.

Hal ini terungkap, dan ditulis lengkap di Driveon, seperti Liputan6.com sitat, Jumat (15/6/2018).

Sejatinya, hasil eksperimen Ford pada 1940-an ini menghasilkan mobil plastik yang terbuat dari kacang kedelai.

Meskipun, mobil ini memang tidak pernah masuk ke museum, mobil plastik kacang kedelai yang dirancang oleh Lowell Overly ini merupakan bagian dari sejarah panjang mobil asal Amerika Serikat tersebut.

The Soybean Car diresmikan Henry Ford pada 13 Agustus 1941 di Dearborn Days, sebuah festival komunitas tahunan. Mobil ini sendiri, terbuat dari 14 panel plastik yang beratnya lebih ringan dari baja.

Bahan untuk membuat panel plastik ini sendiri memang tidak diketahui pasti, karena tidak ada catatan rumus seperti saat ini. Namun, salah satu artikel mengklaim, plastik ini terbuat dari banyak formula kini, di antaranya kedelai, gandum, dan rami.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, pria yang berperan dalam menciptakan mobil ini mengklaim, terbuat dari serat kedelai dengan berbagai formula.

Alasan Henry Ford membangun mobil ini adalah mencari proyek yang menggabungkan hasil industri dengan pertanian. Lalu, ia juga mengklaim panel plastik membuat mobil lebih aman dari baja.

Kemudian, Henry juga berharap bahan plastik barunya dapat menggantikan logam tradisional yang digunakan dalam mobil.

Namun sayang, proyek ini tidak berjalan mulus karena pecahnya Perang Dunia II, dan semua berkonsentrasi untuk pemulihan perang. Menurut kabar yang beredar, mobil hasil eksperimen kacang kedelai ini kemudian dihancurkan.