Sukses

4 Aksesori Mobil yang Seharusnya Tak Perlu Dipasang

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi hal umum para pemilik mobil menambahkan beragam aksesori baik eksterior maupun interior yang berasal dari pabrikan maupun aftermarket.

Dengan tambahan aksesori hal itu dianggap mampu mempercantik tampilan mobil sehingga berbeda dari mobil lainnnya.

Namun tahukah Anda, dilansir situs resmi Nissan, penggunaan aksesori pada dasarnya tidak boleh dipasang sembarangan.

Tentu saja bukan tanpa alasan aksesori tak boleh dipasang asal-asalan. Sebab jika hal itu dilakukan bukan tak mungkin justru dapat membahayakan kegiatan berkendara

Nah, berikut ini adalah beberapa aksesori mobil yang sebaiknya Anda perhatikan penggunaannya:

 

2 dari 5 halaman

1. Kaca Film

Penggunaan kaca film memang dibutuhkan demi kenyamanan dan juga privasi. Namun, kaca film ternyata masuk ke dalam daftar aksesori yang berbahaya.

Tapi perlu dicatat, kaca film akan berbahaya jika penggunaannya berlebihan. Pasalnya, beberapa orang memilih menggunakan kaca film yang terlalu tebal, padahal itu bisa membuat pengelihatan Anda terhadap sekitar mobil berkurang.

Meski begitu, penggunaan kaca film pun tetap perlu. Pasalnya, terlihatnya kondisi dalam kabin mobil akan mengundang banyak tindak kejahatan. Karena itulah, ketebalan kaca film perlu Anda perhatikan dengan baik.

 

3 dari 5 halaman

2. Lampu HID

Demi tampilan yang keren, beberapa pecinta otomotif mengubah lampu bawaan mobilnya dengan lampu HID. Lampu yang memberikan efek terang berwarna putih ini memang mampu memberikan tampilan berbeda dari sebuah mobil, namun sayangnya lampu ini justru berbahaya.

Pasalnya, terangnya lampu HID justru bisa membuat kendaraan di depan Anda terlalu silau sehingga akan mengganggu pengelihatan kendaraan lain.

 

4 dari 5 halaman

3. Hiasan Kabin

Untuk meramaikan atau sekadar menghiasi kabin mobil, sebagian orang memilih menaruh barang kesukaannya seperti pajangan atau bahkan boneka.

Hal tersebut tentu tidak salah, namun akan berbahaya jika berlebihan. Karena itulah, jika Anda termasuk orang yang menaruh berbagai barang dalam kabin, usahakan agar barang tersebut tidak menghalangi pandangan Anda.  

 

5 dari 5 halaman

4. TV Dashboard

Memasang TV pada mobil saat ini sudah banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Dengan alasan untuk hiburan, mereka pun rela mengeluarkan kocek lebih untuk memasangnya.

Jika Anda merencanakan untuk memasangnya, sebaiknya hindari pemasangan di daerah dashboard mobil. Alasannya, fokus pengemudi tidak akan teralihkan dengan televisi sehingga membahayakan pengendara.