Sukses

9 Manfaat Cuka untuk Atasi Masalah pada Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Tidak cuma digunakan sebagai bahan penyedap makanan, cuka atau venegar juga bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah pada mobil. Asyiknya, bahan yang satu ini harganya terjangkau dan mudah ditemukan.

Dikutip dari Bengkel Rotary Bintaro, cuka bisa membantu mengatasi sembilan masalah yang terjadi pada mobil.

1. Menghilangkan bau tak sedap di area kabin

Bau tak sedap akibat makanan yang tumpah atau aroma makanan yang menyebar ke seluruh permukaan kabin terkadang sulit dihilangkan. Meski sudah menggunakan pengharum ruangan pun, bau tersebut tetap ada.

Untuk menghilangkannya, otolovers cukup meletakkan satu gelas air cuka di dalam kabin. Biarkan air cuka menginap di dalam kabin selama satu hari. Jika bau kabin sudah netral, maka buang air cuka tadi.

2. Menghilangkan bekas tempelan stiker

Melepas stiker di bodi mobil, biasanya akan meninggalkan lem stiker. Supaya hal itu tak terjadi, sebelum melepas stiker, teteskan air cuka pada stiker. Setelah itu, cabut stiker secara perlahan. Dengan demkian, kaca atau bodi mobil tidak akan meninggalkan noda sedikit pun.

3. Membersihkan kotoran burung

Kotoran burung dapat mempercepat pengelupasan cat mobil. Jika suatu saat burung menjatuhkan kotorannya pada bodi mobilmu, ambil cuka dan oleskan pada bagian yang kotor tadi. Dengan demikian, kotoran dapat terangkat sedikit demi sedikit tanpa merusak cat mobil.

4. Membersihkan karpet mobil

Karpet mobil kotor dan sulit dibersihkan? Otolovers bisa menggunakan asam cuka untuk mengangkat seluruh kotoran yang menempel di karpet. Dengan begitu, karpet mobil kembali bersih seperti baru dibeli.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Mengangkat noda yang menempel di dashboard

Dashboard adalah bagian yang sering kotor akibat kaca mobil yang terlalu sering dibuka saat berkendara. Sebelum kotoran tersebut menjadi kering dan menumpuk, otolovers bisa pakai air cuka untuk mengangkat seluruh debu yang menempel di dashboard. Caranya dengan mencelupkan kain bersih ke dalam larutan cuka.

6. Membersihkan kain wiper

Pemberian cuka ke karet wiper dipercaya dapat mengangkat kotoran yang menempel di karet wiper. Selain itu, cuka juga dapat mengembalikan elastisitas karet wiper. Namun, otolovers harus mencampurkan cuka dengan air secukupnya agar tidak menimbulkan kerusakan pada karet wiper.

7. Membersihkan komponen krom

Komponen krom yang sudah dicuci sekalipun sebenarnya masih meninggalkan sebagain kotoran. Untuk menghilangkannya, basahi kain lembut dengan cuka, lalu gunakan kain tersebut untuk mengelap komponen krom supaya terlihat bersih dan mengilap.

8. Membersihkan kotoran jok mobil

Kotoran yang menempel pada jok sangat mengganggu pemandangan saat mengemudi. Agar jok kembali bersih, gosok cuka ke bagian jok yang kotor. Larutkan dua sendok cuka dengan satu sendok cairan pencuci, lalu ambil kain dan gosok-gosok jok mobil sampai seluruh kotoran terangkat bersih.

9. Mencegah pembekuan embun

Embun yang menempel di jendela mobil otomatis akan mengganggu pemandangan pengemudi saat menuyetir mobil. Namun, embun ini dapat diatasi dengan melapisi jendela mobil dengan larutan cuka terlebih dahulu.

Sumber: Otosia.com

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Kebijakan Ahok Benahi Jakarta, Gusur Lokalisasi hingga Gagas Karya Monumental
Artikel Selanjutnya
Mobil Listrik Mazda Rasanya Sama Seperti Mobil Biasa, Ini Alasannya