Sukses

Pakai Teknik Khusus, Butuh Waktu 3 Bulan untuk Mengecat Mobil Mustang

Liputan6.com, Tangerang - Merawat mobil klasik bukanlah hal yang mudah. Bahkan, sampai teknik dalam mengecat bodi mobil juga perlu diperhatikan agar tetap terlihat memiliki kualitas tinggi.

Iman Kusumo selaku owner Gearhead Monkey Garage (GMG) memakai cara agak tricky untuk menghasilkan cat yang bagus untuk diaplikasikan ke mobilnya.

Mobil Iman sendiri, Mustang Shelby GT 500 tahun 1968, dibalutnya dengan warna biru striping putih.

"Proses di mobil saya adalah saya cat mobil tetap pakai thinner di catnya, tapi saya tidak pakai thinner untuk pengerjaan pernis. Jadi pernis saya hanya pakai hardener dan pernisnya langsung tanpa campuran thinner lagi," kata Iman saat ditemui di Tangerang, Sabtu (31/3/2018).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Meski cara yang dipakai rumit, hasilnya akan sangat padat, sehingga tidak ada pori-pori lagi. Hal ini membuat mobil tidak perlu di-coating lagi. 

"Pernis saya lakukan sampai empat-lima kali pengulangan tidak pakai thinner. Dan mobil saya untuk satu kali pengecatan memakan waktu tiga bulan," ujarnya.

Iman menjelaskan untuk prosesnya, setelah naik cat, ia akan pernis langsung dan akan didiamkan selama satu minggu.

"Lalu ampelas mati semua, masuk pernis lagi, habis itu kita keluarkan lagi satu minggu lagi, diampelas lagi, setelah itu baru masuk pernis yang terakhir," ujarnya.

Pernisnya sendiri, ia memakai type 8450 high solid untuk disemprotkan.

"Karena tidak pakai thinner, cure (proses pengeringan) nya harus kering sekali jadi dioven 45 menit sampai benar-benar mati ovennya, kita diamkan 2 jam sampai temperatur turun nyalakan lagi 45 menit, sampai temperatur turun lagi, abis itu keluarkan selama 1 bulan di suhu ruangan baru kita ampelas dan kita poles. Itu sudah sangat keras," pungkasnya.