Sukses

Sedan Listrik Canggih BMW Siap Masuk Produksi, Kapan Meluncur?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam gelaran Frankfurt Motor Show tahun lalu, BMW telah resmi mengonfirmasi jika konsep i Vision Dynamics bakal masuk jalur produksi. Untuk model massalnya, mobil ini akan dikenal sebagai BMW i4.

Mengutip Paultan, ditulis Rabu (7/3/2018), pengumuman produksi sedan listrik tersebut dilakukan di Geneva Motor Show 2018.

BMW i4 ini akan menjadi bagian dari 25 line-up mobil listrik baru dari pabrikan asal Jerman ini untuk 2025 mendatang. Sementara itu, 12 model akan menjadi mobil listrik murni.

Untuk desainnya, mobil ini akan memiliki empat pintu seperti 4 Series Gran Coupe dan 6 Series Gran Coupe. Mobil konsep ini, mampu berjalan hingga 600 km dengan baterai penuh dengan akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dalam waktu empat detik.

Belum ada waktu pasti, kapan BMW i4 ini resmi dijual. Namun, jika melihat BMW i8 Roadster dan Mini Cooper S Countryman ALL4 plug-in hybrid muncul tahun ini.

Sementara itu, BMW X3 listrik 2020, BMW iNEXT pada 2021, kemungkinan besar BMW i4 bakal masuk pasar pada 2022.

1 dari 3 halaman

Mirip Kitt di Knight Rider, Mobil BMW Bisa Dikendalikan dari Smartphone

Teknologi di industri otomotif semakin berkembang pesat. Mulai dari mobil listrik maupun  hybrid, mobil tanpa supir (autonomous), hingga mobil terbang.

Dalam gelaran yang diadakan setiap tahun di Barcelona, salah satu pabrikan mobil premium, BMW memamerkan inovasi terbaru. Semua teknologi yang diperlihatkan, menggabungkan teknologi masa kini dan masa depan yang diyakini jenama asal Jerman ini akan mengubah cara berkendara.

Salah satu yang keren, adalah demo yang dipamerkan perusahaan MWC dengan menggunakan mobil listrik BMW i3 otonom. Mobil ini, bisa dikendalikan atau dipanggil dengan hanya menggunakan smartphone.

Jika masih ingat dengan mobil Kitt, milik Michael Knight di serial televisi populer Knight Rider, mobil ini hampir sama. Begitu mobil tiba, tanpa ada pengemudi di balik kemudi, BMW i3 ini mampu berjalan sendiri.

Sistem hiburan di mobil ini juga memungkinkan dikontrol lewah smartphone, dan mampu menghidupkan beberapa fungsi kendaraan, seperti lampu utama, membuka dan mengunci pintu. Kerennya lagi, ketika pemilik sampai di tujuan, tinggal turun, kunci mobil lewat smartphone, dan mobil menuju tempat parkir sendiri.

Untuk teknologi tersebut, memang masih membutuhkan waktu untuk benar-benar bisa tersedia dan dibeli.

2 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Hanya karena Benci, Pria Ini Coba 'Bunuh' Tesla
Artikel Selanjutnya
Penggunaan Mobil Ramah Lingkungan Dorong Konsumsi Listrik per Kapita