Sukses

Bisa Jadi Pilihan, Inilah Deretan Skuter Anyar di Atas Rp 50 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Skutik alias skuter matik berbodi bongsor kini tengah naik daun di pasar Indonesia. Sebagian besar menggendong mesin di atas 250 cc dan memiliki desain yang membuat pengendara lebih nyaman saat berkendara.

Teknologi yang disematkan juga membuat skutik bongsor dibanderol di atas Rp 50 juta bahkan sampai ratusan juta. 

Hampir semua motor matik terbaik di Indonesia menggunakan injeksi yang memaksimalkan kinerja mesin agar semakin responsif, irit, dan bertenaga. 

Berikut adalah sejumlah skutik yang memiliki harga di atas Rp50 juta yang mungkin bisa jadi pilihan pengguna motor matik:

1. Yamaha XMax 250

Di Indonesia, Yamaha XMax 250 dibekali mesin satu silinder berkapasitas 250 cc, sementara yang diekspor memakai mesin 300 cc. Dengan menghadirkan mesin berkapasitas 250 cc, XMax ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat untuk motor kelas 250 cc, yakni Rp 55 juta on the road Jakarta. 

XMax dibekali satu fitur canggih yang dapat membantu pengendara dalam mengendalikan tunggangan saat ban belakang kehilangan traksi. Fitur yang dimaksud yakni Traction Control System atau TCS. Fitur ini umumnya terpasang pada motor-motor bermesin besar.

1 dari 5 halaman

2. SYM

SYM merupakan sepeda motor asal Taiwan. Produknya bisa kita beli dibeberap dealer yang terbesar di berbagai kota. Harga motor matic SYM juga cukup kompetitif, dan tersedia beragam motor matic bermesin besar, seperti SYM Maxsym 400i yang mengusung mensin berkapasitas 400cc.

Selain itu, tersedia pula Maxysm 600i yang memiliki mesin 600cc. Rata-rata motor matic SYM memiliki desain Maxi Skuter, sehingga terlihat lebih besar dibandingkan motor matic lainnya.

Skutik lainnya bermain di kelas 200 cc ke atas. Antara lain, SYM Joyride 200i evo di kelas 200 cc dengan harga Rp 43,7 juta, SYM GTS 250i new di kelas 250 cc dengan harga jual Rp 67,7 juta, SYM Joymax 250i evo Rp 63 juta, SYM Maxym 400i yang dilepas di harga Rp 110 juta, serta SYM Maxym 600 ABS seharga Rp 141,3 juta.

2 dari 5 halaman

3. Vespa 946 Red

Piaggio Indonesia telah meluncurkan seri terbaru dari Vespa 946 yang merupakan hasil kolaborasi dengan RED Foundation yang dibandrol Rp 199 juta (on the road). Jika dibandingkan dengan banderol mobil murah (low cost green car/LCGC), jelas lebih mahal skuter ikonik asal Italia ini. Vespa ini dibekali mesin berkapasitas 150 cc satu silinder dengan tiga katup yang didinginkan oleh udara dan memiliki sistem injeksi elektronik.

Bukan hanya itu, guna memastikan keamanan maksimal, sistem rem merupakan tipe double-disc dan dilengkapi oleh sistem ABS dual-channel. Skuter ini juga dilengkapi oleh ASR traction control, sistem elektronik canggih yang dapat mencegah roda belakang tergelincir.

3 dari 5 halaman

4. Vespa 946 Emporio Armani

Semua orang pasti mengenal Vespa. Selama ini Vespa dianggap sebagai motor legendaris yang memiliki desain klasik dan stylish. Sekarang motor Vespa telah menggunakan sistem transmisi otomatis, sehingga semakin mudah dikendarai.

Harga untuk Vespa juga lumayan eksklusif. Misalnya saja Vespa 946 Emporio Armani yang ditenagai mesin CVT berkapasitas 155 cc dengan daya maksimal di kisaran 12,8 hp itu dibanderol sekitar Rp196 juta.

4 dari 5 halaman

5. Yamaha TMax

Yamaha TMax DX baru meluncur akhir tahun 2017 lalu. Skutik gambot ini sudah dibekali dua pilihan model berkendara, cruise control, heated seat and grip, serta adjustable windshield.

Yamaha TMax diklaim sangat nyaman untuk dikendarai dengan dua mode berkendara, yaitu S dan T. Mode S, konsumen akan mendapatkan respon yang lebih agresif. Sedangkan mode T, pengguna dapat melaju lebih santai, terutama saat perjalanan jauh atau touring

Fitur cruise control di motor ini, baru aktif pada kecepatan 50 km/jam. TMAX DX ini merupakan CBU dari Jepang. Harganya mencapai lebih dari Rp 300 jutaan.