Sukses

Buka Tahun, Suzuki Belum Tetapkan Harga Baru, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Membuka awal tahun, biasanya bakal dibarengi dengan kenaikan harga jual kendaraan. Bahkan, beberapa pabrikan sudah mengumumkan harga baru, seperti Toyota yang sudah mengkatrol harga jualnya mulai Rp 300 ribu sampai Rp 32,3 juta.

Namun, bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), hingga saat ini belum mengumumkan kenaikan harga jual kendarannya. Pabrikan berlambang huruf 'S' ini masih menghitung harga jual terbarunya tersebut.

"Kita masih hitung. Kalau harga on the road (OTR) pasti naik. Kan biaya BBN (Bea Balik Nama) naik tiap tahun," jelas Donny Saputra, Direktur Marketing PT SIS, saat berbincang dengan Liputan6.com, melalui pesan elektronik, Jumat (5/1/2018).

Lanjut Donny, untuk pengumuman harga terbaru Suzuki ini, paling lama akan dilakukan pekan depan.

"Naik berapa, belum ada perkiraan. Belum bisa bicara kontribusinya, karena masih kita hitung," jelas Donny.

Untuk diketahui, kenaikan harga kendaraan di awal tahun ini memang disebabkan beberapa faktor, seperti biaya produksi, perubahan spesifikasi, kompetisi di pasar, dan regulasi seperti pajak BBN atau struktur pajak.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Wuling Masih Anteng Pakai Harga Lama

Kenaikan harga rupanya tidak semua dilakukan merek. Misalkan pabrikan mobil asal Tiongkok, Wuling Motors masih mempertahankan harga lama.

“Bulan ini sih belum ada pengumuman tentang terkait itu. Jadi masih tetap (harga sama), belum ada pengumuman (kenaikan) harga ke saya juga," ujar Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors Indonesia, kepada Liputan6.com, Kamis (4/1/2018).

Kendati demikian, Dian tak menampik, jika ke depan harga Wuling juga akan mengalami kenaikan. Hanya saja, untuk awal bulan di 2018 ini Wuling Motors belum menaikkan harga.

“Sekarang harganya sama persis, kalau ada nanti kami beritahu invoice-nya,” ucapnya.

Seperti diketahui, Wuling Motors saat ini baru memiliki satu line up untuk pasar Indonesia, yaitu Wuling Confero. Mobil ini menawarkan tiga varian yaitu Confero 1.5 M/T dengan banderol Rp 128,8 juta, kemudian Confero S 1.5 C M/T seharga Rp 150,9 juta dan Confero S 1.5 L Lux++ M/T Rp 162,9 juta.

Artikel Selanjutnya
Ambisius, Toyota Gandeng 4 Raksasa Otomotif Bikin Mobil Listrik