Sukses

Honda PCX Thailand Lebih Mahal, Apa Bedanya?

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan peluncuran all new Honda PCX rakitan lokal di Indonesia, pabrikan berlambang sayap mengepak ini juga resmi menghadirkan skuter matik (skutik) premiumnya tersebut di Thailand.

Model ini diluncurkan, dengan harga yang berbeda, yaitu 82.300 Baht atau setara dengan Rp 33,9 juta di Thailand, dan Rp 27 untuk versi CBS dan Rp 32 juta untuk versi ABS di Tanah Air. Lalu, apa perbedaan Honda PCX versi Indonesia dan Thailand?

Jika dilihat dari segi desain, dimensi, rangka, dan kapasitas mesin, baik Honda PCX di Thailand maupun di Indonesia tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Namun, untuk masalah fitur memang ada perbedaan yang cukup mendasar, seperti di Honda PCX Thailand dilengkapi LED dengan fitur New Welcome Light di lantai motor.

Sedangkan untuk Honda PCX versi lokal di Indonesia, tidak terdapat fitur baru tersebut, dan hanya mendapatkan desain baru menggunakan LED, baik lampu depan dan belakang. Jadi, tampilan lampu depan Honda PCX di Indonesia ini selain lebih mewah, juga sistem pencahayaannya lebih terang

Selain itu, di bagian pengereman, Honda PCX lokal di Tanah Air sudah mengadopsi rem di bagian depan dan belakang. Tapi, untuk Honda PCX Thailand, cakram hanya terdapat di bagian depan, dan belakang masih menggunakan tromol.

Masih berhubungan dengan fitur pengereman, Honda PCX Thailand juga hanya menyematkan Combi Brake System (CBS), tanpa Antilock Braking System (ABS). Nah, untuk Honda PCX yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, sudah mendapatkan dua pilihan sistem pengereman, tanpa ABS dan dilengkapi ABS. Keduanya sudah dilengkapi sistem CBS.

Untuk diketahui, Honda PCX di Indonesia baru bakal tersedia Februari tahun depan, sedangkan untuk Honda PCX versi Thailand, sudah tersedia mulai 21 Desember 2017.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Tanda Jadi Honda PCX Rp 2 juta

Menurut Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya, untuk meminang Honda PCX 150, konsumen cukup membayar tanda jadi atau fee booking sebesar Rp 2 juta.

"Februari 2018 sudah bisa dikirim ke konsumen. Angsurannya bisa Rp 1 jutaan," kata Thomas usai peluncuran all new Honda PCX 150 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Thomas sendiri menyatakan, untuk fokus terhadap pasar domestik, all new Honda PCX 150 belum akan dilakukan ekspor. Sebaliknya untuk pasar ekspsor, Honda masih melakukan studi.

Untuk memenuhi pasar domestik, all new Honda PCX 150 buatan Sunter, Jakarta Utara, ditargetkan mampu diproduksi hingga 150 ribu unit per tahun.

Mau tahu kelebihan all new PCX 150 lihat di sini.