Sukses

BMW 7-Series Adopsi Grill Aktif, Apa Maksudnya?

Fungsi dasar grill adalah untuk membantu sirkulasi udara pada mesin.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Fungsi dasar grill adalah untuk membantu sirkulasi udara pada mesin. Karena itu grill pasti berbentuk bilah dimana udara dapat masuk, terutama saat mobil berjalan.

Bagi BMW, grill juga bagian penting yang mendapat sentuhan teknologi. Jika grill pada umumnya dibiarkan begitu saja, pabrikan mobil mewah asal Jerman itu berinovasi dengan membuatnya dapat membuka dan menutup sesuai dengan suhu mesin.

Poduct Planning Manager BMW Group Indonesia Tami Notohutomo menjelaskan lebih jauh soal ini. Dengan nama active air stream kidney grille, teknologi ini baru tersemat pada sedan BMW 7-Series terbaru saja.

"Grill yang tertutup dapat membuat mesin lebih cepat panas. Ini berguna terutama pada saat mobil baru jalan, dimana mesin masih terlalu dingin," terang Tami, dalam acara BMW Technology Workshop di BMW Center, Tangerang Selatan, Senin (6/3/2017).

Selain itu, posisi grill yang tertutup bisa membuat aerodinamika kendaraan lebih baik. Pasalnya, tidak ada udara yang masuk ke sektor mesin yang dapat sedikit menghambat pergerakan mobil. Angin langsung mengalir ke kap dan atap.

Sementara grill yang terbuka, penting untuk menjaga suhu mesin tidak terlalu tinggi. Ini berguna, misalnya, saat kondisi macet. Dengan demikian, fitur ini sangat bermanfaat terutama di kota besar seperti Jakarta yang tidak bisa lepas dari macet.

"Grill terbuka dan tertutup diatur dengan komputer berdasarkan suhu mesin. Komputer akan menentukan kapan waktunya mesin butuh angin yang disalurkan dari grill, kapan waktunya mesin tidak butuh angin," tambah Tami.

Dalam menentukan buka tutup grill, komputer mendapat sinyal dari sensor, yang terletak di balik grill hidung khas BMW dan di bawahnya. "Ini tidak bisa diatur sendiri. Semua terkomputerisasi," tutup Tami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini