Sukses

Mengatasi Getar Pada CVT Vario Techno 125

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh Honda Vario Techno 125 adalah getaran atau slip saat pertama kali gas dibuka.

Liputan6.com, Depok - Salah satu masalah yang kerap dialami oleh Honda Vario Techno 125 adalah getaran atau slip saat pertama kali gas dibuka. Hal ini terjadi kampas ganda yang sudah tidak lagi prima.

"Itu biasanya disebabkan karena kampas gandanya sudah tidak rata," ujar Tatang, pemilik bengkel Tatang Motors yang ada di Depok, Jawa Barat, kepada Liputan6.com, Senin (19/9/2016). Sederhananya, bentuk kampas ganda yang tidak sempurna itulah penyebab CVT bergetar.


Tentu, tidak ada cara lain untuk memperbaiki performa yang menurun ini selain mengganti kampas ganda yang bermasalah. Selain bisa pakai kampas standar, ternyata kampas gandanya juga bisa memakai milik PCX 150.

Ada keuntungan tersendiri jika menggunakan komponen skutik premium ini. Misalnya, kampas ganda PCX punya kode part 22535-KWN-90 ini punya shoe lebih tebal dari Vario Techno 125. "Dengan lebih padat, bisa menghilangkan getaran di putaran awal," tambah Tatang.

Selain itu, suara kasar juga dapat disebabkan oleh komponen Continous Variable Transmission (CVT), mesin, dan seher. Pada CVT misalnya, suara kasar disebabkan karena rollernya penyok.

"Adapula penyebab getaran dari piece set slide yang ada di tutup rumah roller. Bagian ini terbuat dari karet. Suara berisik dikarenakan komponennya sudah tergerus. Saat roller naik tertahan sesaat, sampai tutup rumah roller kembali terbuka," tutupnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.