Sukses

Bukan Satu Ruas Jalan, Paris Car Free Day di Seluruh Penjuru Kota

Jalan dengan jarak 648,15 kilometer akan tertutup bagi seluruh kendaraan bermotor.

Liputan6.com, Paris - Paris akan kembali menyelenggarakan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor bertajuk Journée sans voitures. Kegiatan ini akan berlangsung pada 25 September mulai jam 11.00 sampai 18.00.

Dikutip Forbes, CFD ini akan berlaku di seluruh penjuru kota dan tertutup untuk kendaraan bermotor. Kegiatan ini sendiri memberi kesempatan kepada masyarakat Paris untuk beraktivitas tanpa adanya polusi mobil, kebisingan, dan kemacetan.

"Orang dari wilayah Paris dan pengunjung akan dapat menikmati kota yang damai dengan 648,15 kilometer jalan bebas mobil, setara dengan 45 persen luas kota. Larangan ini berlaku untuk semua kendaraan bermotor dan akan diawasi oleh polisi dan 100 staf kota," tulis pernyataan resmi Biro Konvensi dan Pengunjung.

Aturan ini hanya memperbolehkan sepeda, gerobak pengiriman, skateboard, rollerblade, serta skuter tak bermesin. Adapun kendaraan bermotor yang mendapat pengecualian hanyalah ambulans.

Warga pun bisa menikmati jalanan yang kosong selama seharian penuh dan menjadi kesempatan langka bagi yang ingin berfoto di pusat kota tanpa adanya gangguan mobil.

"Hari tersebut menjadi kesempatan untuk menemukan kembali ibukota kami dengan cara yang berbeda. Banyak aktivitas menyenangkan dan edukatif pada program kali ini," lanjut pernyataan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini