Sukses

Di Kota Milan Naik Sepeda Dikasih Uang

Liputan6.com, Milan - Polusi udara menjadi masalah pelik di Milan. Cara terbaru yang dilakukan mengurangi emisi karbon di kota mode Italia itu adalah mendorong masyarakatnya bersepeda.

Menariknya, otoritas setempat membayar warganya yang mau naik sepeda. Sebagaimana dilansir dari Autoevolution, ini dilakukan agar banyak orang tertarik dan meninggalkan mobil mereka di rumah.

Dikatakan, bersepeda dapat mengurangi kepadatan lalu lintas. Bagi yang tak ingin bersepeda, pemerintah menyarankan untuk menggunakan transportasi publik.

Langkah ini meniru Prancis yang sudah melaksanakan program insentif bagi warganya yang mau bersepeda. Prancis memberi 25 sen euro per kilometer kepada warganya yang menggunakan sepeda.

Namun demikian, menjadi pesepeda di Milan adalah suatu tantangan yang cukup berat. Selain polusi udara yang tinggi, kondisi lalu lintas di kota tersebut sangat padat dan banyak trem lalu lalang.

Seladar informasi, pemerintah Milan memberlakukan larangan pada seluruh kendaraan bermotor selama tiga hari mulai 28-30 Desember antara pukul 10 pagi hingga 4 sore pada akhir 2015. Selama periode ini, seluruh warga dilarang berkendara di ruas-ruas jalan kota tersebut.