Sukses

Sekelumit Kisah Ford di Indonesia

Ford Motor Indonesia (FMI) menyatakan berhenti beroperasi pada kuartal kedua tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tidak mengenakan menghampiri dunia otomotif nasional. Ford Motor Indonesia (FMI) menyatakan berhenti beroperasi pada kuartal kedua tahun ini.

Menilik ke belakang, Ford bukanlah pendatang baru di Indonesia. Ford telah hadir di Tanah Air sejak 1989.

Kala itu Ford di Indonesia diwakilkan oleh Indonesia Republic Motor Company (IRMC). Baru pada Juli 2000, PT Ford Motor Indonesia diresmikan sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Indonesia.

Sejak berkiprah di pasar nasional hingga saat ini, pabrikan berjuluk blue oval tersebut memiliki 44 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. FMI sendiri, mempekerjakan 35 karyawan.

Saat ini FMI memiliki lima produk unggulan yang dipasarkan, yakni Ford Eco Sport, Fiesta, Focus, Everest dan si pekerja keras, Ford Ranger. Data Gaikindo menunjukkan, Ford hanya mampu menjual 4.486 unit sepanjang 2015, turun drastis dibanding performa tahun selumnya yang mencapai 12.008 unit.

Pabrikan asal Amerika tersebut sebenarnya memiliki produk-produk dengan teknologi mutakhir. Salah satunya kesuksesan besar adalah pengembangan mesin EcoBoost yang dikenal bertenaga namun hemat bahan bakar.

Terbukti, mesin tersebut dinobatkan sebagai "International Engine of the Year" dua tahun berturut-turut pada 2012 dan 2013.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.