Sukses

Begini Cara Mengubah Headlamp Kusam Jadi Kinclong

Liputan6.com, Yogyakarta - Lampu besar atau headlamp mempunyai peran sangat penting pada kendaraan bermotor seperti mobil. Fungsi utamanya teramat vital sebagai penerang jalan di waktu berkendara malam.

Namun tak sedikit pemilik mobil mengabaikan perawatan headlamp. Akibatnya mika lampu akan kusam atau tampak menguning, karena faktor cuaca seperti panas/hujan dan debu.

Nah, kalau headlamp kusam, tentu bisa mengganggu performa pencahayaan sehingga mengurangi daya terang lampu saat  malam hari. Dalam kondisi begitu, si pengemudi harus ekstra hati-hati saat berkendara karena sistem pencahayaan yang tidak maksimal. Di sini kondisi headlamp yang terawat menjadi faktor keselamatan yang sangat penting bagi pengemudi.

Irwan Setiawan dari komunitas AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) Cabang Yogyakarta mempunyai tips untuk membersihkan headlamp supaya tampil kinclong dari semula kusam/kuning. Kepada Liputan6.com, Irwan membagikan tips tersebut.

Pertama, bahan-bahan yang disiapkan adalah pasta gigi/odol, compound halus, kain halus yang biasa digunakan untuk mobil, dan wax dari berbagai merek yang bisa dibeli di toko.

Setelah bahan-bahannya siap, langkah pertama adalah oleskan pasta gigi secara merata ke semua permukaan headlamp. Kemudian segera gosok dengan lap bersih dengan gerakan melingkar/memutar, pada tahap ini lapisan kuning akan menghilang perlahan. Ulangi proses ini, jika dirasa perlu.

Gosok terus sampai lapisan pasta gigi habis, biasanya dalam proses ini permukaan kain lap akan menguning. Pada proses ini permukaan headlamp sudah bersih, tapi masih terlihat kusam.

Langkah kedua, oleskan compund halus secara merata di permukaan headlamp, kemudian gosok dengan kain lembut dan bersih sampai compund terangkat semua.

Langkah ketiga, oleskan wax pada permukaan headlamp kemudian gosok dengan kain lap bersih dan lembut. Lakukan lagi sampai permukaan headlamp terlihat bersih dan halus. Terakhir bilas headlamp dengan air bersih, bilamana perlu cuci dengan sabun. Hasil akhirnya, headlamp menjadi lebih bersih dan bening serta tampak seperti baru.

“Tips ini sudak terbukti di mobil saya sendiri,” ujar Irwan yang memiliki ID 3744 menutup tipsnya.

(msu/ian/gst)

Loading