Sukses

Daftar Mobil Keluarga "Murah" Terlaris di Indonesia

Meski ada 10 model yang bertarung di kelas ini, mayoritas konsumen tertuju pada empat mobil saja.

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) atau yang disebut mobil keluarga bisa dibilang sebagai moda transportasi yang paling banyak dipilih konsumen Indonesia.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil di kelas LMPV secara nasional telah menembus angka 319.122 unit per Oktober tahun ini, atau berkontribusi sebesar 30 persen dari total penjualan mobil sepanjang Januari-Oktober dengan 1.038.298 unit.

Meski ada 10 model yang bertarung di kelas ini, mayoritas konsumen tertuju pada empat mobil saja. Lantas mobil keluarga apa saja laris berdasarkan data penjualan wholesales? Berikut uraiannya:

Klik halaman berikutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daihatsu Xenia

1. Daihatsu Xenia

Mobil yang lahir berkat kolaborasi Toyota-Daihatsu ini menjadi salah satu alternatif pilihan bagi konsumen yang ingin membeli sebuah mobil keluarga dengan harga yang relatif terjangkau.

Di antara pesaingnya, Xenia mampu terjual sebanyak 3.819 unit pada Oktober, atau turun 798 unit dari September dengan 4.617 unit.

Data Gaikindo mencatat, penjualan mobil ini telah mencapai 41 ribu unit pada tahun ini.

Klik halaman berikutnya!

3 dari 5 halaman

Suzuki Ertiga

2. Suzuki Ertiga

Di awal kemunculannya, Suzuki bisa terbilang sukses dalam menggoyang posisi produk Toyota-Daihatsu di kelas LMPV. Dalam rentang Agustus-Oktober, Suzuki Ertiga mampu terjual di kisaran 4 ribuan unit.

Awalnya, Ertiga hadir dalam bentuk mobil konsep bernama RIII di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 dan debut perdana secara global di Auto Expo 2012, New Delhi, pada Januari 2012.

Data penjualan Oktober, Suzuki berhasil membukukan penjualan sebesar 4.971 unit, atau naik tipis dari bulan sebelumnya dengan 4.723 unit. Sepanjang tahun ini, mobil berfitur tujuh kursi penumpang itu telah laku sebanyak 42.610 unit.

Klik halaman berikutnya!

4 dari 5 halaman

Honda Mobilio

3. Honda Mobilio

Mobil ini sukses menjadi tumpuan Honda Prospect Motor (HPM). Untuk meraup pasar lebih banyak, Mobilio pun disediakan dalam enam varian sekaligus. Sepanjang tahun ini, tipe E 1,5 MT menjadi model yang paling banyak dibeli konsumen dalam negeri.

Sepanjang Januari-Oktober 2014, HPM telah membukukan angakn penjualan sebanyak 74.148 unit.

Klik halaman berikutnya!

5 dari 5 halaman

Toyota Avanza

4. Toyota Avanza

Mobil keluarga yang satu ini telah lama sebagai pemegang titel LMPV paling laris di Indonesia. Betapa tidak, penjualannya pun berada di kisaran lebih dari 10 ribu unit per bulannya.

Data Gaikindo, Toyota menjual sebanyak 12.962 unit Avanza pada Oktober dengan penjualan total tahun ini sebesar 137.763 unit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini