Sukses

Penjualan Merosot, Daihatsu Anggap Wajar

Dikatakan, penjualan Daihatsu yang menurun lebih disebabkan faktor eksternal seperti libur lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun penjualan mobil PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada bulan Juli lalu menurun, Daihatsu sama sekali tak khawatir. Pasalnya, situasi saat itu dinilai turut melanda sebagian besar ATPM di tanah air.

"Penjualan Daihatsu pada tahun lalu juga menurun setelah lebaran. Untuk lebaran tahun ini, para calon pembeli mobil lebih cenderung memprioritaskan uangnya untuk kebutuhan lebaran dan biaya sekolah anaknya," ungkap Rudy Ardiman, Corporate Planning Division PT ADM.

Lebih lanjut, jumlah hari kerja pada bulan Juli lalu juga berkurang karena adanya libur lebaran. Untuk bulan September ini pihak Daihatsu mengharapkan penjualannya kembali pulih seiring jumlah hari kerja yang kembali normal.

"Pada bulan September ini diperkirakan penjualan akan kembali normal dan orang-orang akan mulai membeli kendaraan. Menurut perhitungan, bulan ini penjualan Daihatsu akan kembali ke kisaran 15 hingga 16 ribu unit," Ungkap Rudy.

Sementara itu, tak hanya penjualan Daihatsu secara keseluruhan saja yang menurun, tetapi juga penjualan untuk model Sirion juga ikut menurun. City car ini menurun karena disebabkan oleh menurunnya segmen pasar city car dari 5 persen menjadi 4 persen.

Untuk kembali mendongkrak penjualan Sirion, Daihatsu memiliki beberapa strategi jitu menggoda konsumennya. Untuk strategi jangka pendek, Daihatsu akan memberikan berbagai promo menarik seperti pilihan cicilan mobil yang hanya sebesar Rp 1,6 juta per bulan serta paket aksesoris untuk Sirion.

Sementara itu untuk stategi jangka panjang, Daihatsu akan terus menggelar acara-acara untuk para pemilik Sirion seperti Sirion Slalom dan ajang modifikasi Dress Up Challenge.

"Ajang menarik seperti Sirion Dress Up Challenge 2014 akan menjadi strategi jangka panjang untuk menarik para calon konsumen berusia antara 24 hingga 39 tahun yang berjiwa muda dan bergaya," ujar Rokky Irvayandi, Domestic Marketing Division Head PT ADM.

Tak hanya menggelar ajang-ajang kompetisi bagi para pemilik kendaraan Daihatsu untuk menarik konsumen, pihak pabrikan akan memanfaatkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 untuk melihat dan memilih produk yang disukai oleh konsumen.

" Kami harapkan para calon pembeli akan tertarik dengan produk yang diperkenalkan oleh Daihatsu di ajang tersebut," pungkas Rudy. (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini