Sukses

Efek Skandal, Toyota Perketat Pengawasan ke Daihatsu

Toyota Motor Corp akan lebih terlibat dalam operasional Daihatsu Motor Co, termasuk dalam mengawasi proses sertifikasi untuk model kendaraan dari Daihatsu

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Motor Corp akan lebih terlibat dalam operasional Daihatsu Motor Co, termasuk dalam mengawasi proses sertifikasi untuk model kendaraan dari Daihatsu. Hal ini, buntut dari skandal uji keselamatan yang dilakukan oleh pabrikan yang terkenal mobil kompaknya.

Disitat dari Reuters, langkah ini dilakukan lebih dari sebulan setelah presiden baru Toyota mengambil alis Daihatsu, dan menghadapi tugas berat untuk mengembalikan unit mobil kecil ke jalur pertumbuhan.

Daihatsu akan tetap ditugaskan oleh Toyota untuk menangani pengembangan kendaraan. Namun, perusahaan akan fokus kepada mobil mungil atau kompak.

Sedangkan pertumbuhan struktur bisnis lainnya, dengan membubarkan Emerging-market Compact Car Company (ECC) yang selama ini menjadi jembatan antara Toyota dan Daihatsu.

Daihatsu akan memindahkan lini pelaporan pengembangan dan sertifikasinya ke segmen Toyota lain, yang fokus kepada mobil komnpak.

Perubahan itu akan berlaku untuk model Daihatsu di luar negeri Jepang mulai 1 Mei dan diperkirakan akan diperluas ke beberapa model domestik. Di luar Jepang, Daihatsu menjual mobilnya di Indonesia dan Malaysia, tempat mereka memiliki fasilitas produksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengembalian Bonus

Mantan Ketua Daihatsu Sunao Matsubayashi dan mantan Presiden Daihatsu Soichiro Okudaira serta wakil presiden saat ini Hiromasa Hoshika mengembalikan bonus mereka untuk tahun fiskal 2023 secara penuh, sementara tujuh eksekutif lainnya mengembalikan 10 hingga 50 persen dari bonus tahunan mereka.

"Kami pikir penting bagi Toyota untuk bertanggung jawab atas persetujuan keselamatan," kata Hoshika dalam konferensi pers di Tokyo.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini