Sukses

Airbag Bermasalah, Range Rover Tarik SUV di AS dan Kanada

Di Inggris sendiri, Range Rover yang ditarik mencapai 40.551 unit, meliputi lebih dari 17 ribu Freelander serta 23 ribu Range Rover Evoque.

Liputan6.com, London - Range Rover berencana untuk melakukan penarikan (recall) pada dua model SUV mereka, yakni Range Rover Evoque dan Freelander. Pasalnya, kedua SUV tersebut terindikasi mengalami masalah pada airbag.

Pada komponen airbag, cacat produksi terjadi pada fitur Occupant Classification System (OCS) yang membuat balon airbag pada sisi penumpang gagal mengembang andai terjadi kecelakaan.

Tak tanggung, jumlah kendaraan yang ditarik akan mencapai 40.551 unit, meliputi lebih dari 17 ribu Freelander serta 23 ribu Evoque. Tak hanya di Inggris, pabrikan SUV Britania itu juga akan menarik lebih dari 6 ribu unit SUV mereka yang tersebar di Kanada, demikian dilansir dari Autoblog, Jumat (15/8/2014).

Untuk Range Rover Evoque, yang akan ditarik merupakan model produksi antara tahun 2012 hingga 2013. Sementara, untuk varian Freelander yang akan ditarik adalah model produksi tahun 2010 hingga 2015.

Pihak pabrikan menjelaskan, langkah recall tersebut terpaksa diambil. Cacat produksi yang ada ditakutkan akan meningkatkan resiko cidera bagi penumpang yang berada di kursi depan. Untuk perbaikan, Land Rover selaku induk Range Rover berjanji untuk menyetel ulang perangkat lunak yang menjadi penyebab kendala airbag tersebut.

Sayangnya, pihak pabrikan belum menjelaskan lebih lanjut apakah recall ini akan dilakukan secara cuma-cuma atau dikenakan biaya tambahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.