Sukses

MINI Countryman Anyar Bakal Minum Solar?

Countryman bermesin diesel akan dibangun dari platform BMW berpenggerak roda depan.

Liputan6.com, London - Pada saat ini, MINI hanya mau menenggak bensin saja. Namun, seiring dengan tuntutan teknologi dan aturan untuk menghadirkan mobil yang efisien bahan bakar, bukan tidak mungkin MINI juga akan tersedia dengan bahan bakar solar.

Baru-baru ini, MINI mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghadirkan generasi terbaru dari Countryman yang menawarkan mesin berbahan bakar disel. Versi disel ini juga akan menghasilkan emisi yang rendah agar dapat memenuhi standar emisi di Amerika Serikat, seperti dilansir dari Caranddriver, Rabu (2/7/2014).

Sebelumnya pihak MINI masih enggan meluncurkan Countryman versi disel karena masih belum dapat memenuhi standar emisi gas buang di beberapa negara. Dengan suksesnya menekan gas buang pada mesin yang mereka garap, MINI optimis dapat menjual Countryman ke negara-negara dengan standar emisi yang ketat.

MINI rencananya akan mulai memperkenalkan Countryman versi disel pada tahun 2017 mendatang di Amerika Serikat. Tak hanya memperkenalkan Countryman versi disel, MINI juga akan memboyong Cooper versi disel ke negeri Paman Sam bila banyak permintaan di negara tersebut.

Mini Cooper berbahan bakar disel mengusung mesin tiga silinder berkapasitas 1,5 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 116 horse power dan torsi 199 pound-feet. Mobil ikonik Inggris ini hadir menggunakan penggerak roda depan dengan transmisi enam percepatan baik manual atau otomatis.

Untuk Countryman bermesin disel, akan dibangun dari platform BMW berpenggerak roda depan terbaru. Platform tersebut juga akan digunakan oleh MINI Hardtop dan BMW Seri-2 Active Tourer. (Ysp/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.