Sukses

Daftar 5 Mobil Jelek yang Harganya Justru Meroket

Mobil edisi khusus atau koleksi sosok tersohor menjadi salah satu pertimbangan nilai dari sebuah mobil klasik.

Liputan6.com, London - Dalam dunia mobil klasik, tidak ada penilaian baku yang bisa membuat kendaraan roda empat tersebut menarik.  Namun biasanya, mobil edisi khusus atau koleksi dari seseorang pesohor menjadi salah satu pertimbangan nilai dari sebuah mobil klasik.

Kalau berbicara mobil jadul yang pernah mendulang masa keemasan di era peluncurannya, tak disangsikan lagi akan memiliki harga yang cukup fantasis dalam 10 atau 20 tahun setelahnya. Tapi, adapula mobil yang justru dinilai jelek justru mampu membuat pemiliknya mendulang uang.

Dilansir dari lama Foxnews, Jumat (16/5/2014), berikut lima mobil yang tak memiliki penilaian bagus saat diluncurkan tapi justru memiliki harga investasi yang terus naik:

1. Studebaker Golden Hawk



Mobil ini tak masuk dalam daftar mobil bagi kolektor Inggris. Tapi, kendaraan ini ternyata menyimpan potensi dan memiliki nilai yang terus meningkat.

Terbukti, mobil ini dijual seharga US$ 25 ribu pada sepuluh tahun yang lalu. Harganya kemudian naik empat kali lipat menjadi US$ 100 ribu pada acara lelang yang digelar di Scottdale, Arizona.


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Corvair Convertible

2. Corvair Convertible

Mobil yang diproduksi sepanjang 1965 hingga 1969 ini memang tidak memiliki tampilan yang istimewa. Namun sesungguhnya mobil ini bisa dibilang cukup baik terutama karena hadir dengan opsi turbocharger.

Komedian Jay Leno pun jatuh hati dengan mobil yang satu ini. Meskipun tak berhasil menarik hati para kolektor , terbukti mobil ini memiliki nilai yang meningkat dua kali lipat dari 10 tahun yang lalu.

3 dari 5 halaman

BMW M1

3. BMW M1

M1 mengadopsi mobil dengan mesin di tengah yang hanya diproduksi sebanyak 450 unit di seluruh dunia. Pada pengembangan awal, mobil ini dibuat berdasarkan bantuan dari Lamborghini dan mobil konsep karya Paul Braq.

Sejumlah pihak menilai bahwa mobil ini sangat buruk terutama untuk urusan tampilan. Kendati begitu, mobil yang pada 2003 terjual hanya US$ 49 ribu itu menjelma menjadi mobil murah dan berhasil menembus harga US$ 379 ribu dalam sebuah acara lelang di Florida.

4 dari 5 halaman

Porsche 912E

4. Porsche 912E

Pabrikan yang berbasis di Stuttgart berjuang untuk bisa menetaskan model entry-level. Tapi sayang Porsche 912E justru gagal dan mendapat penilaian yang kurang baik.

Mobil yang hanya diproduksi sebanyak 2.100 itu dicemooh oleh para pecinta Porsche. Namun, karena nama besarnya itu pula mobil ini bisa menjadi begitu berharga pada hari dan bernilai US$ 40 ribu. Padahal mobil itu hanya dihargai US$ 6.500 pada 2005.

5 dari 5 halaman

Mercedes-Benz 190L

5. Mercedes-Benz 190L

Model 190SL hadir bagaikan bayang-bayang dari saudaranya yakni seri 300SL.  Memang secara keseluruhan kedua model ini memiliki bentuk yang sama, hanya saja performanya yang berbeda.

Tapi, 300SL justru berhasil mencetak angka di atas US$ 1 juta sementara 190SL hanya diperdagangkan seharga US$ 50 ribu. Meski begitu Mercedes-Benz 190SL tercatat memiliki nilai US$ 250 ribu. (Gst/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini