Sukses

Tingkatkan Profil LinkedIn dengan Manfaatkan Bagian 'Rekomendasi'

Jika Anda mencari pekerjaan di LinkedIn, praktik terbaiknya dengan menggunakan profil untuk memamerkan pencapaian profesional dan selalu memperbarui pengalaman Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak bukti bahwa LinkedIn adalah salah satu situs lowongan kerja paling populer di internet. Lebih dari 60 juta orang menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan setiap minggunya, menurut situs ini. Dan 117 lamaran kerja diajukan di situs ini setiap detiknya.

Jika Anda mencari pekerjaan di LinkedIn, praktik terbaiknya dengan menggunakan profil untuk memamerkan pencapaian profesional dan selalu memperbarui pengalaman Anda. Selain itu, Anda juga harus memanfaatkan bagian rekomendasi di bagian bawah profil Anda.

"Rekomendasi LinkedIn adalah kesempatan untuk memperkuat apa yang Anda katakan tentang keahlian dan kualitas Anda," kata Angelina Darrisaw, pelatih karier dan pendiri C-Suite Coach.

"Dalam beberapa hal, rekomendasi ini memvalidasi bahwa apa yang Anda katakan tentang diri Anda memang benar."

Inilah cara untuk mendapatkannya rekomendasi di LinkedIn.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temukan Orang yang Bisa Mengatakan Seberapa Kompeten Anda

Step pertama yang perlu dilakukan adalah mencari orang-orang yang pernah bekerja dengan Anda. 

"Menurut saya, merupakan praktik terbaik untuk meminta rekomendasi dari orang-orang yang pernah bekerja dengan Anda, siapa pun yang pernah mempekerjakan Anda," kata Darrisaw.

Lebih khusus lagi, "Rekomendasi terbaik datang dari seseorang yang memiliki profil LinkedIn yang dibangun dengan baik," kata Gorick Ng, penasihat karier Harvard dan penulis "The Unspoken Rules."

Dia juga merekomendasikan untuk mencari seseorang "yang bisa berbicara secara spesifik tentang bagaimana kompeten, berkomitmen, dan cocok dengan Anda." Jadi, Anda sebaiknya mencari seseorang yang pernah bekerja sama dengan Anda setidaknya selama durasi sebuah proyek.

Terakhir, "Kredibilitas di pasar tenaga kerja berasal dari nama organisasi atau jabatan," kata Ng.

Jika Anda bekerja dengan atau untuk seseorang dari perusahaan yang dikenal semua orang atau dengan seseorang dalam posisi manajemen, mereka bisa menjadi sumber yang baik.

"Semakin tinggi jabatan Anda, semakin seksi jabatan tersebut atau semakin kredibel jabatan tersebut," katanya.

3 dari 3 halaman

'Anda memiliki kesempatan untuk melihat saya melakukan sesuatu'

Mintalah rekomendasi segera setelah Anda bekerja dengan seseorang karena "Anda ingin mereka mengingat apa yang telah Anda lakukan," kata Ng.

Ketika Anda menghubungi, beri tahu orang tersebut bahwa Anda sedang membangun profil LinkedIn Anda, termasuk bagian rekomendasi.

Kemudian beritahukan bahwa kemungkinan rekan kerja Anda masih mengingatnya, "Karena kita pernah bekerja sama dalam sebuah proyek selama enam bulan dan Anda adalah atasan langsung saya, dan Anda memiliki kesempatan untuk melihat saya melakukan A, B, dan C."

Anda dapat mengisi kolom tersebut dengan apa pun yang Anda ingin mereka soroti dalam rekomendasi, seperti melampaui ekspektasi atau melampaui tolok ukur.

Beri tahu mereka bahwa rekomendasi bisa sesingkat satu atau dua kalimat dan tidak ada tekanan bagi mereka untuk menulisnya jika mereka tidak punya waktu.

Perlu digarisbawahi, Anda tidak perlu terlalu banyak rekomendasi di profil Anda karena perekrut tidak akan membaca semuanya.

"Kualitas lebih penting daripada kuantitas," kata Ng. Tiga rekomendasi yang "sangat kuat" sudah lebih dari cukup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini