Sukses

Beda Aplikasi Medsos, Beda Juga Pemakaiannya: Facebook Buat Berkomunitas dan TikTok untuk Hiburan

Beragam aplikasi media sosial memiliki banyak pengguna yang sama, ternyata beda aplikasi media sosial, beda juga pemakaiannya. Misalnya Facebook dipakai untuk berkomunitas atau belanja, sementara TikTok lebih ke mencari hiburan. Bagaimana menurut kamu?

 

Liputan6.com, Jakarta - Selama beberapa tahun terakhir, lanskap media sosial tak begitu banyak berubah. Ada banyak aplikasi baru bermunculan. Namun satu yang paling signifikan dan kehadirannya booming adalah TikTok.

Di antara banyaknya aplikasi media sosial, ternyata kecenderungan penggunaannya berbeda-beda. Ada yang yang biasa dipakai untuk berkomunitas, ada yang untuk mencari hiburan, ada yang dipakai untuk pamer, dan sampai untuk cari inspirasi.

Yuk cek di sini tentang kecenderungan penggunaan berbagai aplikasi media sosial:

1. Facebook

Mengutip CNN, Selasa (12/3/2024), Facebook dipakai lebih dari 2 miliar orang di dunia per harinya. CNN menyebut agak sulit mengkategorikan aktivitas yang biasa dilakukan pengguna Facebook.

Pasalnya, sebagian orang datang ke Facebook Marketplace yang memungkinkan terjadinya jual beli. Lalu, sebagian pengguna datang karena Facebook menawarkan komunitas yang relevan bagi mereka dengan berbagai grup.

2. Instagram

Instagram bermula dari aplikasi berbagi foto, dan kini jadi platform yang dipakai orang untuk pamer agar lebih baik, menyenangkan, dan melakukan traveling lebih sering dibandingkan orang lain.

Lewat Instagram pula, kamu akan menemukan tips gaya hidup dari influencer, konten mode, hingga dekorasi rumah, atau foto liburan teman SMA.

Unggahan-unggahan beragam itu bisa membuat platform media sosial ini menyenangkan dan penuh inspirasi, tetapi juga membuat kekhawatiran tentang dampak aplikasi ini ke kesehatan mental penggunanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pinterest

Pinterest memungkinkan pengguna mencari dan mengorganisasir inspirasi tentang berbagai topik kreatif. Mulai dari menanam tanaman, merencanakan pernikahan, renovasi rumah, dan lain-lain.

4. TikTok

TikTok bukan lagi aplikasi tempat orang berjoget-joget tetapi banyak orang scrolling TikTok untuk mendapatkan hiburan bagi mereka.

Ada sejumlah pembuat konten yang memakai TikTok untuk membagikan informasi tentang gadget, buku baru, hingga rekomendasi tempat ngopi dan lain-lain.

5. YouTube

YouTube dalam beberapa tahun terakhir menawarkan berbagai video baik itu lagu, perjalanan atau traveling, konten podcast lucu dan otomotif, dan lainnya. Namun belum lama ini, YouTube hadirkan fitur bernama Short yang merupakan pesaing TikTok, menghadirkan video pendek dalam format vertikal.

3 dari 3 halaman

6. LinkedIn

LinkedIn menjadi tempat untuk mempublikasikan resume dan mendapatkan koneksi serta pekerjaan baru.

Platform ini juga dipakai untuk membagikan update karier, berbagi berita dan informasi seputar pekerjaan, dan lain-lainnya.

7. Twitter

Selama tahun-tahun awal kemunculannya, Twitter yang kini bernama X selalu menjadi tempat untuk mencari berita real-time.

Pengguna Twitter bisa membaca dan terlibat dalam percakapan dengan selebritas, pemimpin bisnis, dan pembuat berita lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.