Sukses

Bolehkan Mencampurkan SPF dengan Pelembap? Begini Penjelasannya Kata Ahli

Saat mencampurkan SPF dengan produk lain, katanya, pada dasarnya Anda mengencerkannya.

Liputan6.com, Jakarta Mengoleskan SPF dan pelembap menjadi salah satu perawatan kulit terpenting yang biasa dilakukan sebelum bepergian. Namun, produk tersebut berbeda fungsi dan kegunaannya sehingga terkadang menimbulkan pertanyaan, bisakah keduanya dicampurkan?

Setiap orang selalu mencari cara untuk mengurangi durasi rutinitas atau dengan kata lain meringkasnya. Akan tetapi, ketahuilah bahwa “peretasan” ini bukanlah solusinya.

“Konsentrasi filter fisik dan kimia ditentukan secara cermat selama formulasi dan proses pengujian SPF,” jelas ahli kimia kosmetik Cara Bondi seperti melansir Well and Good, Senin (4/9/2023).

Saat mencampurkan SPF dengan produk lain, katanya, pada dasarnya Anda mengencerkannya. “Anda mengubah konsentrasi total filter dan homogenitas campuran, yang mengakibatkan berkurangnya potensi keseluruhan dan distribusi filter UV yang tidak teratur ke seluruh campuran yang Anda buat,” jelas Bondi lebih lanjut.

Terlebih lagi, “SPF adalah kategori yang diatur secara ketat di mana produk jadi harus menjalani protokol pengujian yang disetujui oleh FDA untuk memastikan bahwa produk tersebut memberikan perlindungan UV yang tertera pada label. Perubahan apa pun dapat memengaruhi jumlah sinar UV yang disaring, serta konsentrasinya,” tambah seorang ahli kimia kosmetik lain Krupa Koestline.

Jadi, mencampur apa pun, baik itu pelembap, alas bedak, atau produk lainnya, akan melemahkan tingkat perlindungan dan perlindungan UV tidak lagi dijamin dalam SPF Anda. Namun, jika SPF Anda diformulasikan dan dipasarkan sebagai pelembab SPF 2-in-1 itu tidak apa-apa karena formula tersebut telah disetujui oleh FDA.

“Pelembab dengan SPF diformulasikan sebagai produk SPF, jadi formulasi dan proses pengujiannya sama seperti SPF primer, tidak sama dengan mencampurkan dua produk dan mengencerkan SPF Anda,” jelas Bondi.

Di masa lalu, kategori ini cenderung memiliki faktor SPF yang lebih rendah untuk mendukung penerapan dan penyerapan yang lebih baik, menurut Bondi. “Namun berkat inovasi bahan baku, kini banyak pelembap dengan nilai SPF di atas 30 yang hampir tidak bisa dibedakan dengan pelembap non-SPF, sehingga komprominya tidak lagi menonjol seperti dulu,” tambahnya.

Apakah ada bahan tertentu yang merusak keampuhan SPF?

Tidak, tidak ada bahan atau kumpulan bahan tertentu yang dapat disalahkan karena merusak kekuatan SPF jika dicampur bersama. Sebaliknya, Krupa menyarankan Anda menganggapnya seperti limun. Jika Anda menambahkan air ke dalamnya, Anda akan mengencerkannya dan tidak akan sekuat itu. Dalam hal ini, pelembab atau alas bedak adalah air dan mengencerkan SPF.

“Satu catatan penting,” kata Koestline, “Pengujian SPF memerlukan penerapan dua miligram per sentimeter persegi (mg/cm 2). Anda mungkin menggunakan pelembap sebanyak itu pada kulit Anda dengan sekitar ¼ sendok teh.”

Kesimpulannya, melapisi produk perawatan kulit adalah kuncinya jika Anda ingin tetap terlindungi. Atau, temukan produk 2-in-1 jika menurut Anda produk tersebut lebih sesuai dengan rutinitas dan gaya hidup Anda. SPF adalah tentang preferensi dan begitu Anda menemukan yang Anda sukai , menerapkannya tidak akan terasa seperti sebuah tugas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini