Sukses

Kenali Lebih Dalam Tipe Kepribadian INFP, dari Karier hingga Asmara

Empat aspek tipe kepribadian INFP khususnya adalah Introvert, Intuitif, Perasaan dan Persepsi.

Liputan6.com, Jakarta Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah tes psikologi yang dimaksudkan untuk menentukan tipe kepribadian seseorang.

Menurut MBTI, ada 16 tipe kepribadian berbeda yang dimiliki seseorang. Salah satu tipe kepribadian adalah INFP, yang mungkin menggambarkan individu yang penuh rasa ingin tahu, kreatif, dan bijaksana.

Apa Tipe Kepribadian INFP?

MBTI didasarkan pada teori tipologi kepribadian Carl Jung dan diciptakan Katharine Cook Briggs dan putrinya Isabel Briggs Myers.

Tes tersebut melihat empat aspek kepribadian kita, jelas kepala pemikiran kepemimpinan di The Myers-Briggs Company John Hackston. Empat aspek tipe kepribadian INFP khususnya adalah Introvert, Intuitif, Perasaan dan Persepsi.

“INFP memperoleh energi dari dunia batin mereka, mereka menilai informasi secara intuitif, mereka membuat keputusan dengan hati dan menjalani hidup secara spontan,” jelas psikiater di Harvard Medical School Ashwini Nadkarni.

“Mereka sering disebut sebagai 'idealis' dan ingin memahami diri mereka sendiri dan orang lain serta mengikuti cita-cita mereka, yang sebenarnya penting bagi mereka. INFP menghargai rasa keaslian dan kejujuran pada diri mereka sendiri,” lanjut dia.

Ciri-Ciri

INFP sering kali digambarkan sebagai orang kreatif yang bijaksana, setia, dan imajinatif, jelas Hackston. Mereka cenderung lebih pendiam dan kurang ramah dibandingkan yang lain.

“Namun, sifat pendiam mereka tidak boleh disalahartikan sebagai kurangnya kepedulian atau minat terhadap lingkungan sekitar mereka,” kata Hackston.

“Secara internal, mereka seringkali memiliki dunia batin yang kaya, namun cenderung menyimpannya untuk diri mereka sendiri,” jelas dia.

Sementara itu, tipe kepribadian INFP terkadang disebut sebagai “penyembuh” karena biasanya menekankan upaya membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Mereka suka membantu dan memenuhi kebutuhan orang lain, dan mereka senang memberikan solusi kreatif terhadap masalah.

“INFP adalah individu yang Anda inginkan dalam jaringan dukungan Anda, mengingat persepsi dan keinginan mereka yang luar biasa untuk memberikan dorongan dan bantuan dalam mencapai tujuan,” kata Hackston.

Tipe ini berkomitmen untuk menyelesaikan sesuatu dengan cara yang membuat semua orang bahagia. “Mereka memiliki kode dan nilai moral yang terdefinisi dengan baik dan mendarah daging, dan mereka berkomitmen untuk mempertahankan keselarasan dengan prinsip-prinsip ini, berusaha keras untuk menegakkannya,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekuatan dan Kelemahan INFP

INFP dikaitkan dengan berbagai kekuatan atau kelemahan, namun penting untuk dicatat bahwa karakteristik ini mungkin tidak menentukan semua orang yang termasuk dalam tipe kepribadian ini. Beberapa kekuatan INFP meliputi:

• Kreatif

• Bermanfaat

• Reflektif

• Strategis

• Kooperatif

• Empati

• Penasaran

• Setia

• Fleksibel

• Mendorong

• Termotivasi

• Penuh pertimbangan

INFP bisa sangat membantu, tapi ada beberapa kelemahannya juga. “INFP mungkin menemukan tantangan ketika harus berkomunikasi dan mengekspresikan perspektif, emosi, dan ide mereka secara efektif, baik dalam konteks profesional maupun pribadi,” catat Hackston.

Dia juga mengatakan bahwa mereka dapat bergumul dengan banyak rencana terstruktur dan jadwal yang kaku, karena mereka lebih suka spontan dan mengikuti arus.

Beberapa tantangan yang mungkin dialami INFP antara lain:

• Kesulitan mengomunikasikan ide-ide dengan kekhususan dan ketepatan

• Kesulitan mengidentifikasi emosi dan berbicara tentang perasaan mereka dengan orang lain

• Terlihat jauh atau menyendiri dalam lingkungan sosial

• Berjuang dengan manajemen waktu dan organisasi

• Menjadi lebih sensitif terhadap umpan balik yang membangun dibandingkan orang kebanyakan

Karier

INFP harus fokus pada kekuatannya, seperti kreativitas dan apa pun yang memungkinkan mereka untuk mengikuti nilai-nilainya, dalam hal kemungkinan karier, kata Nadkarni.

“Di tempat kerja, INFP mendengarkan dengan baik dan suka membantu orang dan peduli dengan tujuan, jadi kolaborasi dalam tim itu mudah,” tambahnya.

Nadkarni dan Hackston setuju bahwa INFP harus mencari pekerjaan yang memungkinkan mereka menjadi imajinatif dan membantu orang lain. “Yang paling penting bagi mereka adalah mereka bekerja untuk sebuah organisasi atau di lingkungan yang sejalan dengan nilai-nilai mereka, atau mereka mungkin meninggalkan pekerjaan hanya karena rasanya tidak enak,” tutur Hackston.

Namun, Nadkarni mencatat bahwa mereka mungkin kesulitan mengatur waktu dan tingkat stres apa pun. “Jalur karier yang memerlukan organisasi dan ketegasan yang luas, seperti manajemen proyek, mungkin tidak ideal,” katanya. INFP mungkin juga merasa tidak nyaman dengan peran yang melibatkan banyak berbicara di depan umum.

Menurut Hackston dan Nadkarni, beberapa karier ideal untuk INFP mungkin meliputi dokter, pekerja sosial, psikolog, pemasaran, seni dan fotografi, penyuluhan, atau sumber daya manusia.

 

3 dari 4 halaman

Berinteraksi dengan Tipe Kepribadian INFP

INFP cenderung berempati, bijaksana, dan selalu memikirkan orang lain, tetapi mereka juga kesulitan mengungkapkan perasaan dan tujuan mereka.

Semua hal ini dapat sangat memengaruhi hubungan mereka dengan orang lain, mulai dari persahabatan hingga hubungan romantis hingga hubungan di tempat kerja.

“Mereka kemungkinan besar memiliki banyak kesamaan dengan individu yang memiliki nilai-nilai mendalam yang sama dan fokus pada masa depan dan gambaran besarnya,” kata Hackston.

Hubungan Romantis

Meskipun INFP sangat terbuka untuk membantu orang lain, mereka memiliki pendekatan yang cerdas dalam mengungkapkan emosi mereka, kata Hackston. Mereka membutuhkan cukup banyak waktu untuk merasa nyaman dan dekat dengan seseorang.

“Bagi seorang INFP, ketulusan dan hubungan yang mendalam sangatlah penting,” jelas Hackston. “Mereka mencari pasangan yang memiliki nilai-nilai fundamental yang sama.”

Meskipun mereka membutuhkan waktu untuk memercayai seseorang agar bisa dekat dengan mereka, begitu mereka memiliki komitmen romantis, Hackston mengatakan mereka akan menunjukkan “kesetiaan yang tak tergoyahkan, keterampilan mendengarkan yang luar biasa, empati, dan perhatian terhadap emosi pasangannya.”

Mereka akan berusaha menciptakan hubungan di mana mereka mendukung dan memupuk aspirasi dan pertumbuhan pribadi pasangannya. Namun, Nadkarni mencatat bahwa karena cenderung menghindari konflik, mereka mungkin terlalu fokus untuk membuat pasangannya bahagia dan kurang mengekspresikan diri.

Hubungan Keluarga

Sekali lagi, perlu beberapa saat sebelum INFP terbuka dalam hubungan platonis. “Karena sifat pribadi mereka, hanya beberapa orang terpilih di lingkaran dekat mereka yang benar-benar memahami diri-sejati mereka,” jelas Hackston.

Dia mencatat bahwa empati dan kemauan mereka untuk mendengarkan masalah dan keprihatinan orang mengarah pada hubungan yang mendalam dan pribadi. “Mereka ingin orang merasa nyaman dan aman terbuka untuk mereka,” katanya.

Dalam hal keluarga, Hackston mengatakan bahwa INFP adalah pendengar yang baik dan sangat perhatian, sering kali menawarkan bantuan dan dukungan emosional bila diperlukan. “Sebagai orang tua, mereka cenderung perhatian, tegas, dan bijaksana,” katanya. “Kreativitas dan semangat mereka dapat menginspirasi dan memotivasi anak-anak mereka.”

 

4 dari 4 halaman

Hubungan Kerja

Sifat INFP yang suka membantu berarti mereka berhati-hati terhadap dampak keputusan mereka terhadap orang lain. “Mereka sering kali memilih peran suportif sambil berusaha memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas mereka,” kata Hackston.

“Mereka menganggap diri mereka sendiri dan organisasi mereka bertanggung jawab terhadap nilai-nilai dan standar tertentu.”

Bahkan di tempat kerja, mungkin sulit bagi INFP untuk menyuarakan kekhawatiran dan perasaan mereka, sehingga seperti yang dikatakan Dr. Nadkarni, mereka sering kali lebih fokus untuk membuat orang lain bahagia. “INFP mengutamakan kebutuhan orang lain dan sangat mendukung dalam hubungan, tapi mereka juga introvert,” katanya.

Hackston mengatakan bahwa salah satu tip untuk INFP di tempat kerja adalah menghindari mengambil tindakan pribadi. “INFP cenderung menjadi stres karena merasa kurang dihargai, diabaikan, atau diabaikan,” katanya.

Tipe kepribadian INFP dicirikan oleh keinginannya untuk membantu dan mendukung orang lain, membuat perubahan di dunia, dan menjalani hidup secara spontan. Mereka biasanya tidak menyukai struktur dan kebutuhan mereka untuk menghindari konflik terkadang membuat mereka merasa tidak didengarkan.

Secara keseluruhan, mereka bisa menjadi teman atau pasangan yang baik setelah mereka membiarkan orang lain masuk ke dalam lingkaran dekatnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini