Sukses

Traveloka Resmi Jadi Affiliate Member Organisasi Pariwisata Dunia

Sebagai satu-satunya platform travel di Asia Tenggara yang berhasil mencapai status Affiliate Member di UNWTO, Traveloka berbagi pandangan mengenai tantangan dan peluang di era pemulihan pariwisata

Liputan6.com, Jakarta Platform travel, Traveloka, resmi tergabung sebagai Affiliate Member The World Tourism Organization (UNWTO) untuk kontribusinya kepada sektor pariwisata Asia Tenggara dan pariwisata berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan komitmen Traveloka dalam melakukan inovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Pengumuman ini dilakukan pada gelaran Konferensi UNWTO yang berlangsung di Phnom Penh, Kamboja, pada tanggal 15-17 Juni 2023.

“Seiring dengan pertumbuhan perusahaan,Traveloka terus berupaya untuk memberikan dampak positif terhadap industri pariwisata secara keseluruhan. Kami secara aktif melakukan berbagai inovasi sekaligus menggiatkan advokasi pariwisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Salah satunya dengan bergabung sebagai Affiliate Member UNWTO dan mengambil peran dalam beragam Forum Diskusi Internasional Tingkat Tinggi, UNWTO Conference,” jelas Albert, Co-Founder Traveloka.

Sebagai satu-satunya platform travel di Asia Tenggara yang berhasil mencapai status Affiliate Member di The World Tourism Organisation (UNWTO), Traveloka berbagi pandangan mengenai tantangan dan peluang di era pemulihan pariwisata, termasuk pentingnya inovasi dan kemitraan strategis dengan pemerintah lokal maupun regional.

Dengan jangkauan Traveloka yang saat ini mencakup 6 negara di Asia Tenggara, Traveloka memanfaatkan keikutsertaan dalam forum ini untuk memastikan pemulihan industri pariwisata yang berkelanjutan di kawasan.

Pasca pandemi, pariwisata global menunjukkan tingkat pemulihan yang signifikan. Merujuk pada barometer kepariwisataan UNWTO, sebanyak 235 juta orang melakukan perjalanan internasional di seluruh dunia selama triwulan I/2023.

Jumlah ini dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun 2022 atau setara dengan 80% dari jumlah turis sebelum pandemi.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyatakan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara secara kumulatif pada triwulan I/2023 mencapai 2,25 juta kunjungan atau naik hampir 6 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Pada tahun 2023, pemerintah Indonesia menetapkan target ambisius, yaitu 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara dan 8,5 juta perjalanan untuk target kunjungan wisatawan mancanegara.

Untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan serta mendukung perekonomian nasional, pemerintah juga menargetkan terbukanya 4,4 juta lapangan kerja baru dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2024.

Di sela-sela diskusi tingkat tinggi, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan, pemerintah Indonesia dinilai sukses dalam menangani pandemi dan menjaga pertumbuhan ekonomi tetap stabil.

"Keberhasilan ini menarik kepercayaan dari dunia kepada Indonesia mengingat tren pemulihan terus menunjukkan peningkatan positif. Melalui partisipasi dalam diskusi tingkat tinggi ini, kami berharap Indonesia dapat memberikan masukan untuk industri pariwisata global pasca pandemi serta mendorong terciptanya pariwisata yang berkelanjutan,” jelas dia.

Zurab Pololikashvili, Secretary-General of UNWTO, menyambut gembira keikutsertaan Traveloka dalam UNWTO. “Selamat kepada Traveloka yang telah bergabung menjadi Affiliate Member UNWTO. Keterlibatan sektor swasta sangat penting dalam mempromosikan pariwisata berkelanjutan serta pencapaian Agenda 2030. Kami percaya bahwa kolaborasi dengan Traveloka akan memberikan kontribusi besar pada pengembangan sektor pariwisata dunia yang lebih berkelanjutan,” ungkapnya.

Traveloka dinilai memenuhi beberapa kriteria sehingga dapat menjadi Affiliate Member. Kriteria tersebut mencakup dukungan dari pemerintah Indonesia, kapasitas yang mumpuni untuk berkontribusi pada misi UNWTO dengan memperkuat kerja sama pemerintah dan swasta serta pariwisata global berkelanjutan, dan memiliki tujuan, kegiatan dan keahilan yang menunjukkan keterkaitan dengan nilai-nilai yang dipromosikan oleh UNWTO.

Sebagai Affiliate Member, Traveloka akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan Affiliate Member lainnya, beradvokasi dengan para pemimpin pariwisata, serta pemimpin negara anggota lainnya dalam konteks global, terlibat dalam dialog tingkat tinggi di tingkat regional/global, serta memiliki akses terhadap tren pariwisata global yang disediakan oleh UNWTO.

“Sebagai platform yang selalu mengedepankan inovasi dan kemitraan strategis, kami percaya melalui berbagai terobosan teknologi dan kemitraan strategis di tingkat global, dapat mendorong pertumbuhan pariwisata yang berkelanjutan. Kami berharap langkah ini juga akan menginspirasi para pemangku kepentingan pariwisata di Asia Tenggara untuk turut berkontribusi mendorong pertumbuhan pariwisata dunia yang berkelanjutan,” tutup Albert.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini