Sukses

XQ Jadi Cara Lebih Bermanfaat demi Mengukur Kecerdasan, Apa Itu?

Mulailah dengan memotret pengalaman yang paling berdampak sejauh ini. Pikirkan kembali peristiwa besar dalam hidup yang masih di ingat dengan jelas.

Liputan6.com, Jakarta Ada cara baru untuk memprediksi kesuksesan yaitu dengan XQ atau kecerdasan pengalaman. Kecerdasan pengalaman adalah sebuah pengukuran tentang bagaimana pengalaman hidup telah membentuk cara anda berpikir, apa yang anda ketahui dan bagaimana anda menggunakan pengetahuan tersebut.

Jadi, ini adalah kombinasi dari pola pikir, kemampuan dan pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman di masa lalu.

Ilmuwan riset afiliasi di Sekolah Bisnis Marshall University of Southern California, Kaplan mengatakan bahwa sudah waktunya untuk mulai mempertimbangkan XQ bersama dengan tes kecerdasan lainnya untuk mengukur kesuksesan.

Misalnya di sisi lain mungkin anda bekerja untuk meningkatkan EQ, sedangkan untuk XQ, anda tidak memerlukan pelatihan untuk mulai menerapkan kecerdasan pengalaman dalam kehidupan anda sendiri.

“Setiap orang memiliki kecerdasan pengalaman. Ini bukan sesuatu yang baru yang harus kamu pelajari,” kata Kaplan, melansir laman CNBC,

Bagaimana cara mengukur XQ Anda?

Ini tidak seperti tes kepribadian atau kecerdasan lainnya karena anda tidak bisa mendapatkan skor yang konkret. Tapi anda masih bisa mengukurnya secara nyata yang bisa anda gunakan untuk membangun kesuksesan.

Mulailah dengan memotret pengalaman yang paling berdampak sejauh ini. Pikirkan kembali peristiwa besar dalam hidup yang masih di ingat dengan jelas.

Misalnya ketika kecil anda sering berpindah-pindah lalu hal tersebut membuat anda merasa perasaannya tidak stabil pada saat itu.

Selanjutnya, pikirkan tentang keyakinan yang mungkin telah anda internalisasikan dari pengalaman itu. Misalnya, anda menjadi merasa kesulitan untuk berkomitmen dengan orang atau tempat baru karena saat kecil sering berpindah-pindah.

Tidak apa-apa jika tidak menyadari keyakinan itu karena anda hanya mencoba melakukan inventarisasi. Walaupun keyakinan itu tampak negatif, pertimbangkan kemampuan positif apa yang telah dikembangkan sebagai hasilnya. Misalnya, anda merasa sulit berkomitmen pada pengalaman baru, tapi anda mungkin sebenarnya lebih mudah beradaptasi daripada yang lain.

“Pengambilan terakhir itu adalah ukuran XQ anda dan baris potensial itu bisa ditambahkan ke resume atau surat lamaran kerja anda,” ucap Kaplan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana XQ Bantu Jadi Sangat Sukses?

Dengan mengukur kecerdasan pengalaman dapat membantu anda menjadi lebih sadar diri. Hal itu juga membuat anda lebih baik dalam menggambarkan kekuatan anda kepada orang lain, termasuk bos atau calon perekrut kerja. Seringkali, ukuran terbaik XQ datang dari hal-hal yang tidak terduga.

Kaplan mengatakan tentang kesimpulan utamanya adalah anda telah melakukan bagian yang sulit dengan menjalani hidup dan mengumpulkan segala macam pengalaman.

Kecerdasan pengalaman hanya masalah tentang mengartikulasikan bagaimana pengalaman tersebut membuat anda memenuhi syarat bentuk kesuksesan yang sedang anda upayakan. Dunia akan menjadi tempat yang lebih baik jika kita semua mulai melihat apa yang sudah ada dengan cara yang berbeda.

 

Penulis: Nita Suci Lydiarti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.