Sukses

G20 Indonesia 2022 Live di Bali, Puncak Dialog Para Pemimpin Dunia untuk Kesehatan dan Ekonomi Global

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan KTT ke-17 G20 berlangsung di Bali pada 15 - 16 November 2022. Seperti yang diketahui, pertemuan ini akan dihadiri oleh Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan negara anggota G20 untuk merumuskan Leader’s Declaration sebagai hasilnya.

Tidak hanya untuk negara berkembang dan maju saja, diselenggarakannya G20 bertujuan untuk berdialog dan berdiskusi tentang kesehatan maupun ekonomi global. 

Presidensi G20 mengedepankan dialog untuk menyelesaikan tantangan yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global, antara lain meliputi isu keuangan, perdagangan, infrastruktur dan investasi, energi, ketenagakerjaan, pemberantasan korupsi, pembangunan, pertanian, dan teknologi, inovasi, dan ekonomi digital.

Pada kesempatan ini, KTT G20 mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Masyarakat Indonesia pun juga bisa menyaksikan langsung bagaimana jalannya forum tahunan ini secara daring melalui siaran resmi dari Sekretariat Presiden di aplikasi Vidio.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Hadir Secara Langsung dan Virtual

Selain pemimpin dunia, Indonesia selaku tuan rumah pelaksanaan G20 juga mengundang Sejumlah negara non-anggota dan organisasi internasional dengan perkiraan total delegasi mencapai 12.750 orang. Para pemimpin ini pun ada yang menghadiri secara langsung di Bali maupun secara virtual.

Beberapa Presiden Dunia juga telah tiba beberapa hari sebelum Puncak G20 dimulai. Ada Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang telah mendarat dengan Pesawat Kepresidenan AS, Air Force One di Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Minggu, (13/11/2022) disusul dengan kedatangan Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol.

Sementara itu, tamu negara lainnya ikut mendarat pada Senin, (14/11/2022) antara lain adalah Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Menteri Luar Negeri Suriname Albert E. Ramdin, Menteri Luar Negeri Brazil Carlos Alberto Franco França, hingga Perdana Menteri Kamboja Hun Sen.

Adapun Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky hadir secara virtual dan menyampaikan pidatonya tentang upaya yang diperlukan untuk mengakhiri perang Ukraina. 

3 dari 3 halaman

Link Streaming G20

Anda bisa menonton secara langsung gelaran Puncak Presidensi G20 Indonesia tanpa jeda iklan melalui siaran resmi Sekretariat Presiden di aplikasi Vidio. Anda bisa mengunjungi tautan berikut ini, G20 Live.

Gelaran G20 Bali akan dilaksanakan pada 15 dan 16 November 2022. Anda bisa mengunjungi tautan yang sama untuk menontonnya secara online. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.