Sukses

Erick Thohir Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Joe Biden, Ingin Tahu?

Presiden AS Joe Biden sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20. Menurut Biden, Indonesia memiliki potensi besar untuk lebih maju lantaran memiliki SDA yang melimpah dan SDM yang berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membocorkan isi pembicaraan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Kedua presiden ini bertemu dalam rangkaian KTT G20 pada Senin 14 November 2022.

"Presiden Jokowi telah bertemu dengan Presiden AS Joe Biden. Bapak Presiden tadi sangat mengapresiasi atas kehadiran Biden untuk menghadiri KTT G20 di Bali," ujar Erick Thohir, Selasa (15/11/2022).

Biden, juga sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20. Menurut Biden, Indonesia memiliki potensi besar untuk lebih maju lantaran memiliki SDA yang melimpah dan SDM yang berkualitas.

"Tadi juga Biden mengharapkan peran di Indonesia sebagai pemimpin Asia Tenggara dan berharap Indonesia dapat mempererat hubungan negara-negara di Asia Tenggara dengan AS," ucap Erick.

Erick mengatakan keseriusan pemerintah Indonesia dalam melakukan akselerasi transisi energi menjadi perhatian dunia, tak terkecuali dari AS. Biden, Erick sampaikan, mendukung penuh langkah Indonesia dalam melakukan transisi energi terbarukan.

"Biden juga berkomitmen mendukung perbaikan dan pengembangan ekonomi Indonesia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia," kata Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bertemu Joe Biden, Jokowi Dorong Peran AS Wujudkan Perdamaian di Indo-Pasifik

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendorong peran Amerika Serikat (AS) mewujudkan perdamaian serta kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik. Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden AS Joe Biden di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022).

"Kita mendorong peran AS mewujudkan perdamaian dan kemakmuran di Indo-Pasifik," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (14/11/2022).

Dalam pertemuan ini, dia menyampaikan terima kasih atas dukungan Amerika Serikat terhadap penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia. Jokowi mengharapkan fleksibilitas Amerika Serikat dalam pembahasan deklarasi.

"Kerja sama ekonomi konkrit harus diperkuat termasuk lewat partnership for global infrastructure and invesment dan Indo Pasific Economic Framework," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menekankan pentingnya kerja sama Indo-Pacific Economic Framework (IPEF), saat menggelar pertemuan bilateral dengan Joe Biden, Senin. Jokowi menyampaikan komitmen Indonesia untuk memberikan dukungan dan berpratisipasi penuh pada IPEF. "Bagi Indonesia, kerja sama konkret selalu menjadi acuan. Saya akan tugaskan Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia untuk terus menindaklanjuti kerja sama IPEF ini," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin (14/11/2022).

 

3 dari 4 halaman

Masalah Keamanan

Sementara itu, terkait Indo-Pasifik, dia menyampaikan pentingnya masalah keamanan untuk dibahas. Namun, Jokowi mengatakan kerja sama ekonomi Indo-Pasifik juga tidak kalah penting dan perlu terus diperkuat.

"Kemitraan Indonesia, ASEAN dengan Amerika Serikat untuk membangun kemakmuran di Indo-Pasifik perlu terus diperkuat," ujarnya. 

4 dari 4 halaman

Minta Dukungan AS

Jokowi menuturkan sebagai Ketua ASEAN, tahun depan Indonesia akan mengadakan Indo-Pacific Infrastructure Forum yang merupakan salah satu implementasi konsep ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP).

"Saya sangat berharap AS dapat berpartisipasi dalam forum tersebut sebagai wujud dukungan AS terhadap AOIP," jelas dia.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.