Sukses

Buat Pemilik Kulit Sensitif, Begini Nih Bahan yang Perlu Dihindari Hingga Tips Merawatnya

Liputan6.com, Jakarta Merawat kulit sensitif tidak bisa sembarangan. Harus berhati-hati dan paham betul produk yang digunakan agar kulit tetap terjaga dan tampil sehat maksimal.

Memilih produk perawatan kulit yang salah bagi kulit sensitif terkadang bisa membuat wajah gatal. Bahkan beberapa orang ada yang justru kondisi kulitnya semakin buruk, muncul kemerahan, dan mengelupas.

Karenanya, bagian tersulit dalam membangun rutinitas perawatan kulit terbaik untuk kulit sensitif adalah memperkenalkan produk baru, terutama ketika perubahan yang paling sederhana pun menyebabkan reaksi yang merugikan.

Itulah alasan Anda harus tetap menggunakan formula lembut tanpa embel-embel yang menjaga kulit tetap lembap dengan meminimalkan iritasi.

Kenali Kulit Sensitif

Untuk mengenalinya, pertama, pastikan Anda membedakan dari reaksi umum yang mungkin terjadi. "Sikatkan jari-jari Anda di sisi wajah Anda dengan tekanan ringan hingga sedang - jika kulit berubah menjadi merah, itu sensitif," kata facialist selebriti Joanna Vargas seperti melansir Popsugar, Kamis (22/9/2022).

Atau, jika Anda memiliki warna kulit yang lebih dalam yang tidak mudah memerah, dokter kulit Elizabeth Tanzi mengatakan, "Anda tahu Anda memiliki kulit sensitif jika sebagian besar produk yang Anda tempatkan pada kulit Anda menyebabkan rasa perih atau perih. kemerahan."

Bahan yang Harus Dihindari

"Jika Anda memiliki kulit sensitif, ada baiknya untuk memeriksa bahan produk yang Anda gunakan dan menghindari iritasi kulit," kata dokter kulit Elizabeth Mullans dari Uptown Dermatology di Houston.

"Beberapa iritasi umum yang harus diwaspadai dalam produk adalah wewangian, pewarna, dan pengawet yang dapat disembunyikan dalam produk kecantikan, pelembab, atau pencuci," lanjutnya.

Gunakan formula lembut yang tidak memiliki aroma, sabun, astringent, alkohol, atau exfoliant. Sebagai gantinya cari produk yang mengandung bahan menenangkan kulit.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Tips Merawat Kulit Sensitif

1. Membersihkan

Langkah pertama merawat kulit sensitif adalah rutin membersihkan wajah. Ada baiknya Anda gunakan suhu suam-suam kuku untuk menghindari kulit bebas dari minyak.

2. Merawat

Aturan yang sama berlaku saat memilih serum wajah atau produk perawatan lain, yaitu cari bahan bagus yang terbukti efektif. Anda bisa memikirkan bahan-bahan yang menghidrasi, seperti peptida, asam hialuronat, niacinamide, ceramides. Jika Anda ingin menggunakan toner pascapembersih, pastikan untuk memilih formula bebas alkohol dan pewangi.

3. Melembapkan

Selanjutnya Anda perlu melembapkan kulit. Anda bisa pilih bahan-bahan yang terbukti menghidrasi. Bahan itu seperti asam hialuronat, ceramide, niacinamide. Ingat, hindari formula yang mengandung wewangian atau pewarna.

4. Melindungi

Seperti halnya jenis kulit lainnya, Anda juga harus melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dengan tabir surya padat. Kuncinya adalah menemukan SPF yang cocok dengan kulit sensitive dan tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan iritasi.

Yang paling aman adalah mengandung bahan-bahan, seperti zinc oksida atau titanium dioksida untuk melindungi diri Anda dari sinar matahari dengan aman.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.