Sukses

Siminvest Bantu Bangun Karir dan Keuangan Generasi Muda

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 56 juta warga Indonesia di usia produktif yang harus memikul tanggung jawab untuk menghidupi anak dan generasi di atasnya sehingga mereka harus bekerja lebih ekstra tanpa punya ruang sendiri untuk merancang masa depan.

Menanggapi hal ini, Sinarmas Sekuritas bekerjasama dengan HRD Bacot menyelenggarakan webinar bertajuk “Career Path Building and Financial Planning” guna membahas topik seputar pengembangan karier yang diikuti oleh kaum milenial dan gen Z.

“Langkah awal menyusun karier, kita harus mengenal kita ini punya apa, termasuk advantage dan handicap yang dipunya, misalkan koneksi dari almamater, pengalaman organisasi, dan fasilitas yang dipunya, kemudian apa yang ingin dicapai,” jelas narasumber dari HRD Bacot, Stefio Kurniadi, dalam keterangan tertulis, Minggu (11/9/2022).

Stefio juga membagikan tips dan trik dalam menyusun arah karier, yaitu dengan mengenal dan mengevaluasi diri (self assessment), mencari tahu tentang pilihan apa saja yang bisa dicapai (career exploration), membuat keputusan berdasarkan pro dan kontra dalam karier (decision making), dan mengevaluasi keputusan dalam karier (career evaluation).

Deputy Head of Research Sinarmas Sekuritas, Ike Widiawati menambahkan, sangat penting pengelolaan keuangan secara profesional untuk mencapai mimpi dan tujuan hidup.

“Mengelola keuangan secara profesional adalah yang dapat mengelola keuangannya dengan baik dan teratur, serta konsisten. Jadi untuk kita yang sekarang ini sudah bekerja mau gajinya besar atau kecil, mulai investasi aja dulu, kalaupun cuannya masih sedikit minimal value kita tentang investasi sudah mulai mengalami peningkatan,” tegas Ike.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Konsistensi dan Evaluasi

Ike mengajak milenial dan gen Z untuk mulai merencanakan keuangan mulai dari sekarang dengan nominal berapapun. Faktor konsistensi dan juga evaluasi terhadap perencanaan keuangan sangat penting bagi investor pemula. Ike pun menambahkan, berinvestasi tidak hanya semata soal cuan namun juga meningkatkan value diri terhadap pentingnya berinvestasi.

Sementara itu, Head of Strategic and Business Development Sinarmas Sekuritas, Eyfrel Likuajang menambahkan bahwa perencanaan karier yang baik harus didukung dengan perencanaan keuangan yang baik.

"Saat awal bekerja kita selalu mengutamakan passion, tapi setelah lama bekerja ternyata passion kita adalah uang. Merencanakan karier erat hubungan dengan merencanakan keuangan, " ungkap Eyfrel.

Webinar ini merupakan rangkaian SimInvestival 2022 yang khusus diadakan untuk mengedukasi keuangan dan investasi untuk generasi muda di Indonesia menuju masa depan finansial yang lebih cerah. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS