Sukses

Kunci Otak Sehat Ada di Makanan yang Mengandung Vitamin Ini, Apa Tuh?

Liputan6.com, Jakarta Setiap individu sebaiknya perlu memperhatikan kandungan makanan yang dikonsumsi karena tidak semua jenis makanan mampu berperan untuk menjaga kesehatan otak. Terlebih otak membutuhkan vitamin terbaik sebagai penyempurna. Dalam hal ini, vitamin B lebih berpengaruh.

Sebagai seorang psikiater gizi, Uma Naidoo selalu menjaga pola makan yang seimbang. Salah satunya Naidoo harus mendapatkan semua vitamin yang tepat karena itu penting untuk mencegah penurunan kognitif.

Mengingat bahwa risiko penyakit saraf meningkat seiring bertambahnya usia, satu pertanyaan yang sering dia dapatkan dari pasien adalah, “Apa vitamin terbaik untuk melindungi otak kita yang menua?”

Menjawab pertanyaan itu, Naidoo mengatakan bahwa vitamin yang paling disarankan untuk menjaga otak tetap muda dan sehat adalah vitamin B.

Manfaat vitamin B untuk otak

Sebuah studi dari Wayne State University School of Medicine menemukan bahwa Depresi, demensia dan gangguan mental sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin B.

“Kekurangan vitamin B12 sebagai penyebab masalah kognitif lebih umum daripada yang kita pikirkan, terutama di antara orang tua yang hidup sendiri dan tidak makan dengan benar,” kata penulis studi Rajaprabhakaran Rajarethinam, seperti dilansir dari CNBC, Selasa (9/8/2022).

Dalam hal ini setidaknya ada delapan vitamin B yang berbeda, masing-masing dengan manfaat kesehatan utamanya sendiri.

1. Meningkatkan energi

Untuk meningkatkan energi, vitamin B1 atau thiamin sangat penting untuk fungsi dasar sel dan metabolisme nutrisi untuk energi.

Otak adalah salah satu organ yang paling aktif secara metabolik di tubuh. Itu berarti memerlukan dukungan thiamin untuk mencegah kekurangan yang dapat menyebabkan masalah neurologis.

2. Memecah obat

Vitamin B2 atau riboflavin bertindak sebagai asisten enzim dalam sel kita melakukan reaksi penting, seperti di tubuh dan otak.

Selain itu, vitamin ini juga membantu menumbuhkan sel, menghasilkan energi dan memecah lemak dan bahan eksternal seperti obat-obatan.

3. Mengurangi peradangan

Selanjutnya ada vitamin B3 atau niasin yang bekerja dengan lebih dari 400 enzim untuk menghasilkan bahan, seperti kolesterol dan lemak yang dibutuhkan dalam tubuh. Selain itu, vitamin ini pun berperan untuk mengubah energi di semua sistem organ. Niasin juga merupakan antioksidan, yang membantu mengurangi peradangan berlebih.

4. Mendukung kesehatan otak secara keseluruhan

Vitamin B5 atau asam pantotenat sangat penting untuk membuat senyawa molekul yang disebut koenzim A yang membantu enzim tubuh membangun dan memecah asam lemak untuk energi.

Vitamin ini membantu sel-sel menghasilkan protein pembawa asil, membantu menghasilkan lemak yang diperlukan. Otak terutama adalah lemak jadi asam pantotenat adalah salah satu vitamin terpenting dalam mendukung kesehatan otak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lain

5. Melawan penyakit

Vitamin B6 atau piridoksin terkenal karena perannya dalam pencegahan penyakit karena kadar vitamin yang tepat dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari sejumlah kanker.

Selain itu, piridoksin membantu banyak reaksi kimia dalam tubuh yang mendukung fungsi kekebalan dan kesehatan otak.

6. Membantu sel berkomunikasi lebih baik

Vitamin B7 atau paling umum dikenal sebagai biotin mampu mengatur sinyal sel untuk komunikasi yang cepat dan efisien ke seluruh tubuh. Di otak, ini penting untuk pensinyalan seluler melalui neurotransmiter.

7. Menjaga tubuh tetap seimbang

Vitamin B9 atau folat adalah suplemen populer dan vitamin kunci untuk mendukung kesehatan otak dan neurologis, fungsi neurotransmitter yang optimal, dan kesehatan psikologis yang seimbang. Manfaat lain adalah membantu mendorong detoksifikasi seluler.

8. Menjaga kesehatan jantung

Vitamin B12 atau cobalamin merupakan vitamin esensial untuk pembentukan sel darah merah dan DNA, serta mendukung perkembangan dan fungsi sistem saraf.

B12 juga mendukung pemecahan homosistein dan protein yang dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung dan menyebabkan demensia jika berlebihan.

 

3 dari 3 halaman

Makanan Vitamin B terbaik

Berikut ini enam makanan kaya vitamin B yang baik dikonsumsi setiap hari.

1. Telur, mengandung sepertiga dari nilai harian vitamin B7 yang direkomendasikan, sementara juga mengandung sejumlah kecil vitamin B lainnya.

2. Yogurt, kaya akan vitamin B2 dan vitamin B12, serta probiotik alami yang mendukung kesehatan usus dan kesehatan mental.

3. Kacang-kacangan, seperti kacang hitam, buncis, edamame dan lentil semuanya membantu meningkatkan mood dan kesehatan otak. Makanan ini adalah sumber vitamin B9 yang sangat baik dan termasuk sejumlah kecil vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5 dan vitamin B6.

4. Salmon, secara alami kaya akan semua vitamin B, terutama vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6 dan vitamin B12. Perhatikan sumber makanan laut dan ingatlah bahwa salmon beku atau kalengan juga merupakan pilihan yang hemat.

5. Biji bunga matahari adalah salah satu tanaman sumber vitamin B5 terbaik.

6. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, lobak Swiss dan kubis merupakan sumber vitamin B9. Ini adalah makanan pertama yang Naidoo sarankan untuk pasien yang ingin meningkatkan mood rendah.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS