Sukses

Coba Tips Ini Buat Menghilangkan Bau Mulut yang Tidak Sedap

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut diakibatkan oleh beragam faktor. Beberapa di antaranya bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk, tidak menjaga kebersihan, hingga terjadinya penumpukan bakteri di area mulut. Namun tidak perlu khawatir, bau mulut tersebut bisa dihilangkan dengan berbagai cara.

Di samping itu, bau mulut atau halitosis sering juga disebabkan oleh beberapa alasan lain, seperti asupan air yang lebih sedikit, sering makan, kesehatan usus yang buruk, konstipasi kronis, hyperacidity, dan bernapas melalui mulut saat tidur, di antara alasan lainnya, menurut praktisi ayurveda Dr Dixa Bhavsar.

“Penanganan terbaik adalah menemukan penyebabnya dan menghindarinya. Tetapi sampai saat itu, mengikuti 5 tips ini dapat membantu Anda mencegah halitosis,” ujar salah satu Praktisi Ayuverda Dixa Bhavsar seperti melansir The Indian Express, Rabu (15/6/2022).

Untuk menghilangkan bau mulut, Bhavsar punya lima tips yang bisa dilakukan. Berikut ini penjelasannya.

 

 

 

2 dari 3 halaman

1. Menyikat gigi dua kali sehari (pagi dan sore)

Menyikat gigi termasuk membersihkan lidah di pagi hari membantu membasmi semua racun yang terkumpul di mulut. Melakukan hal yang sama di malam hari juga memastikan kesehatan mulut tetap optimal saat Anda tidur. Jadi, mulut Anda bersih. Yang paling penting adalah untuk menjaga kesehatan usus.

2. Makan biji adas setelah makan

Biji adas terdiri dari flavonoid. Karenanya, biji ini membantu merangsang aliran air liur dan mencegah mulut kering.

Selain itu, biji adas juga memiliki rasa aromatik yang membantu memerangi bau mulut disertai mulut kering .

3. Berkumur setelah makan

Dari segi Ayurveda tidak disarankan minum air dengan segera setelah makan karena dapat memperlambat metabolisme. Akan tetapi, air adalah suatu keharusan untuk membersihkan mulut terutama setelah makan.

Jadi hanya berkumur selama 2-3 menit bisa memastikan tidak ada partikel makanan yang tertinggal atau tersangkut di mulut. Karena bersih, mulut pun tidak akan menimbulkan bau tidak sedap.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Jangan sering ngemil

Ngemil sering membuat lebih banyak kemungkinan makanan tersangkut di mulut. Tidak praktis untuk menyikat setiap kali Anda makan sesuatu. Jadi untuk kesehatan mulut dan usus, cobalah makan tiga kali dengan benar dan berhenti ngemil setiap dua jam. Yang terbaik adalah menjaga jarak setidaknya tiga jam antara dua kali makan berturut-turut.

5. Minum air putih yang cukup

Ya, minum air adalah hal yang wajib demi menjaga fungsi tubuh Anda, terutama kesehatan mulut, kata Bhavsar.

Dia mengatakan, jumlah air yang harus diminum setidaknya cukup hingga tidak membuat warna urin menjadi pucat. “Cukup untuk membuat urin Anda pucat dan tidak kuning. Jika urin Anda jernih hingga pucat, itu berarti Anda cukup minum air putih. Jika kuning, Anda harus minum lebih banyak air,” katanya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati