Sukses

Meski Pahit Pare Punya Manfaat Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Peria atau dikenal pare merupakan salah satu tumbuhan menjalar mirip seperti mentimun. Buah satu ini memiliki nama asli Momordica charantia.

Beberapa orang mungkin tidak menyukai sayur satu ini. Hal itu karena rasanya yang cukup pahit. Padahal pare memiliki manfaat bagi kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat pare bagi kesehatan tubuh?

Melansir laman Timesnownews, Minggu (1/5/2022), berikut ini manfaat yang ditawarkan peria atau pare dalam dunia kesehatan.

1. Memperkuat kekebalan tubuh

Pare merupakan sumber yang kaya akan vitamin C. Nutrisi ini selain meningkatkan kesehatan kulit, juga dapat memperkuat kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit.

2. Meningkatkan pencernaan

Jus pare adalah sumber serat yang baik. Ini menjadikannya makanan yang efektif untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan pergerakan usus. Saat menderita sembelit, jus pare menjadi solusi untuk membantu meringankan gejala, seperti sakit perut, kembung, gas, dll.

 

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain

3. Membantu mengatur berat badan

Mengonsumsi jus pare juga dapat membantu mengatur berat badan. Ini bisa sangat bermanfaat dalam mempromosikan penurunan berat badan. Jadi, jika Anda mencari jus yang ramah terhadap berat badan dan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, pare menjadi salah satu jawabannya.

4. Menyehatkan jantung

Kolesterol dapat merusak jantung. Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat jus pare. Jadi, pare juga dapat membantu menurunkan kolesterol LDL atau dikenal sebagai kolesterol jahat. Itu artinya, juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. 

5. Detoksifikasi

Proses detoksifikasi berarti menghilangkan racun yang terdapat di dalam tubuh. Dalam hal ini, jus pare tidak hanya dapat membantu detoksifikasi darah dan hati, tetapi juga berefek penyembuhan pada tubuh.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati